Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliner Khas Padang Yang Lezat Bikin Susah Move On

Kenalan Yuk dengan Kuliner Khas Padang yang Katanya Bikin Susah Move On? Sudah Pernah Coba? - Makanan khas Padang jika diperhatikan dapat ditemukan dimana-mana. Di setiap sudut daerah pasti ditemukan Rumah Makan Padang dengan segala aneka makanan khasnya. Citarasanya yang khas, aroma menggoda dan kaya rempah memang terkenal dapat membuat siapa pun suka dengan makanan khas Padang.
makanan khas minang sumatra barat

Jika masuk ke Rumah Makan Padang, ada beberapa menu khas yang akan dijumpai. Misalnya saja telur dadar khas Padang, rendang, balado, sambel hijau, sayur daun ketela dan yang lain. Namun, tahukah bahwa makanan Padang tidak hanya itu saja. Masih banyak makanan dari Padang yang enak dan tidak kalah lezat. Bahkan katanya telah melegenda sepanjang masa.

Ini Dia Kuliner Khas Padang yang Konon Susah Bikin Move On

Ingin merasakan kuliner khas Padang? Tidak perlu jauh-jauh ke datang ke Padang. Karena di banyak daerah sudah ada Rumah Makan Padang yang khas. Namun, untuk beberapa makanan tertentu, utamanya yang sudah legendaris, memang harus datang langsung ke Padang. Agar bisa merasakan keotentikan rasanya dan bisa traveling juga. Penasaran makanan apa saja yang konon katanya bikin susah move on? Cek deretannya di bawah ini, ya;

Nasi Kapau Uni Lis
Jika ke Padang dan bertandang ke landmark nya yaitu Jam Gadang, jangan lupa mampir dan menikmati makanan Padang satu ini. Namanya warung Nasi Kapau Uni Lis yang letaknya berada di Los Lambung Pasar Atas. Di tempat ini akan ditemukan barisan baskom dengan aneka lauk pauk. Pembeli hanya tinggal menunjuk dan uni akan tangkas mengambilnya dengan sebuah sendok yang bertangkai panjang.

Lokasi tepatnya warung makan ini berada di Jl. Pemuda, Los Lambuang Pasar Atas, Bukittinggi. Buka mulai pukul 09.00-18.00. Harga makanannya bervariasi, mulai dari Rp.25.000. Aneka jenis lauk kuliner khas Padang yang tersaji di depan mata, pasti akan membuat siapa pun yang datang ke sini merasa bingung karena saking banyaknya. Apalagi jika sudah merasakan nikmatnya, serasa tidak ingin pulang.

Katupek Pitalah Purus 3
Di Jawa ada makanan ketupat sayur, nah di Padang ada juga sajian yang sejenis. Namun, namanya adalah Katupek. Sejenis ketupat dengn tekstur yang lembut dan dipotong besar. Kemudian di atasnya disiram gulai kuning yang berisi nangka, rebung dan taburan kerupuk merah. Lokasi untuk dapat menikmati makanan ini adalah di Jl. Purus III Nomor 24, Padang Barat, Kota Padang. Harga mulai Rp.6.000 dan buka pada pukul 06.00-11.00.

Bika Si Mariana
Kuliner khas Padang yang melegenda terletak di tepi jalan Padang Panjang-Bukittinggi. Tepatnya di Jl. Lintas Barat Sumatera, Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar. Bika panggang yang dibungkus dengan daun jati terkenal dengan rasanya yang enak. Dengan harga mulai Rp.3.000/buah, wajib untuk mencicipi makanan ini jika ada di Padang.

Ampiang Dadiah
Sejenis kudapan khas Padang yang mengombinasikan emping yang terbuat dari beras dan dicampur dengan dadiah. Dadiah adalah sejenis yogurt tradisional Minangkabau yang berasal dari susu kerbau dan difermentasi dalam bilah bambu. Makanan tersebut kemudian di siram dengan kuah gula aren dan ditaburi kelapa parut. 

Tempat terkenal yang menyediakan kudapan kuliner khas Padang ini adalah H. Minah yang lokasinya berada di Petak IKABE, Pasar Bawah, Bukittinggi. Harganya mulai dari Rp.15.000. Terkenal dengan sebutan sereal ala Sumatera Barat, memang sayang sekali jika kuliner ini dilewatkan. Sebab di daerah manapun tidak ditemukan kudapan ini.

Gulai Itik Lado Mudo Ngarai
Dengan tampilan itik yang dilumuri bumbu cabe hijau, rasanya gulai ini sangat menggiurkan. Makanan khas Padang dengan rasa super pedas adalah menu andalan ketika berada di Bukittinggi. Untuk menikmati makanan ini, datang saja ke Jl. Ngarai Binuang Nomor 41, Bukittinggi. Tempat ini buka mulai pukul 07.00-16.00. Jika sudah datang ke sini rasanya akan sulit sekali untuk menyudahi aktivitas makanannya. Tentu saja karena kelezatannya.

Nah, itulah rekomendasi kuliner khas Padang lainnya yang dapat dicoba jika bertandang ke ranah Minang. Masih banyak makanan khas lainnya yang tak kalah unik dan lezat. Dipastikan ingin selalu kembali menikmati makanan yang telah dicoba. Rasa dan bumbunya yang khas memang tidak ada duanya. Demikian informasinya semoga bermanfaat.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain