Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Rekomendasi Tempat Wisata Yang Sedang Hits Di Tanggamus

Cindri yanto - Tanggamus, ketika kita berbicara mengenai tempat wisata yang ada di tanggamus mungkin secara reflek kamu akan menyebutkan beberapa tempat wisata yang berikut ini, yaitu Pantai teluk kiluan, air terjun way lalaan dan pantai gigi hiu. Namun kamu tidak tahu bahwa tempat wisata tersebut hanyalah sebagian dari beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten tanggamus.

Kabupaten tanggamus merupakan satu dari lima belas kabupaten yang ada di provinsi lampung, tanggamus dengan beribu kotakan, kota agung ini berdiri sejak tahun 1997 tepatnya pada 21 maret.

Untuk nama tanggamus sendiri di ambil dari nama gunung yang menjulang tinggi dengan keindahannya yang ada di kabupaten tersebut, yaitu gunung tanggamus, gunung ini juga banyak di manfaatkan para pecinta alam untuk melakukan pendakian.

Jika kamu ingin mencari tempat wisata yang komplit dalam satu kabupaten maka di tanggamus lah tempatnya. Dimana tanggamus dengan topografi wilayahnya yang beragam, terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah membuat kabupaten ini memiliki tempat wisata yang beragam.

Berikut ini adalah daftar tempat-tempat wisata keren dan menarik yang ada di tanggamus yang bisa untuk kamu jadikan tujuan wisata utama kamu.

1. Pantai Teluk Kiluan
jejakpiknik.com
Tepatnya keberadaan pantai teluk kiluan adalah di desa kiluan negeri kecamatan kelumbayan, berjarak lebih kurang sekitar 80 km dari pusat kota bandar lampung dan 60 km dari pusat kota, kabupaten tanggamus, kota agung. Pantai teluk kikuan merupakan perlintasan lumba-lumba terbesar di indonesia.

Di pantai teluk kiluan kamu bisa menikmati pasir putih nya yang halus serta air laut nya yang jernih kamu bisa melihat dasar laut dari tepi pantai. Yang tidak kalah menarik lagi ketika berkunjung ke teluk kiluan kamu bisa melihat atraksi lumba-lumba yang begitu cantik.

Meski dari tepi pantai kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba yang berenang di lautan lepas samudera hindia tapi tidak akan terlihat begitu jelas, sebaiknya untuk menikmati atraksi lumba-lumba tersebut kamu bisa menyewa perahu warga setempat.

2. Pantai Gigi Hiu
travelerien.com
Dari pantai teluk kiluan kamu bisa bergeser ke tempat wisata berikutnya yaitu Pantai gigi hiu. Pantai ini berada di desa pegadungan kecamatan kelumbayan, untuk bisa menuju ke pantai gigi hiu kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari pantai teluk kiluan.

Dari nama pantai nya saja sudah terdengar sangat menarik untuk di kunjungi. Pantai ini memang bisa menjadi tujuan wisata kamu berikutnya, di pantai gigi hiu terdapat bebatuan karang besar yang menjulang tinggi, berbentuk mirip seperti gigi ikan hiu.

Bagi kamu yang suka pemandangan yang eksotis dan hobi kokeksi foto-foto kamu wajib mengunjungi pantai gigi hiu ini, selain itu juga kamu bisa menikmati sunset di sore hari di temani suara deburan ombak yang menghempas bebatuan karang.

3. Air Terjun Way Lalaan
Air terjun way lalaan berada di bawah kaki gunung tanggamus tepatnya berada di desa kampung baru kecamatan kota agung timur. Air terjun way lalaan yang memiliki ketinggian hingga 11 meter, tidak hanya populer di tanggamus saja, ke populeran air terjun way lalaan hampir di seluruh provinsi lampung.

Tidak heran jika tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama pada hari libur, air nya yang jernih dan pemandangan alamnya yang masih segar dan alami menjadikan tempat wisata ini menjadi incaran para wisatawan pecinta alam untuk berkunjung ke air terjun way lalaan.

4. Danau Hijau
Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah keren nya untuk di kunjungi dari tiga tempat wisata di atas adalah danau hijau, danau hijau ini masih berada di kabupaten tanggamus tepatnya di, desa muara dua kecamatan ulu belu. Untuk bisa sampai ke sini kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam menggunakan transportasi darat dari pusat kota bandar lampung.

Danau hijau yang memiliki keindahan luar biasa ini memang tidak setenar dengan danau lainnya baik yang ada di provinsi lampung maupun di indonesia, namun keindahannya tidak kalah dengan danau-danau yang lainnya, terbukti tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Biasanya pengunjung yang datang ke danau hujau, mereka yang ingin menikmati ketenangan, dimana di sekeliling danau di kelilingi oleh alam yang hijau, serta hanya ingin sekedar berfoto-foto saja, danau hijau ini di kenai juga sebagai daerah geothermal.

5. Air Terjun Lembah Pelangi
Akhir-akhir ini air terjun lembah pelangi sangat hits di kalangan traveler, sesuai dengan namanya lembah pelangi, dimana ketika kita berada di kaki air terjun dan menadah ke atas akan terlihat warna pelangi. Yang menarik Ketinggian air terjun ini lebih tinggi dari air terjun way lalaan, jika air terjun way lalaan memiliki ketinggian 11 meter sedangkan air terjun lembah pelangi memiliki ketinggian hingga 20 meter.

Air terjun lembah pelangi ini berada di desa suka maju kecamatan ulu belu, berjarak sekitar 110 kilometer dari kota bandar lampung. Yang menarik lainnya dari air terjun ini dimana air terjunnya yang bertingkat tiga, dan di kaki air terjun terdapat sumber mata air panas, mata air pegunungan langsung yang di percaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit.

6. Gunung Tanggamus
Gunung tanggamus merupakan gunung tertinggi kedua yang ada di provinsi lampung setelah gunung pesagi yang ada di lampung barat, gunung tanggamus ini memiliki ketingian sekitar 2,102 meter di atas permukaan air laut.

Bagi para pecinta alam yang sering melakukan pendakian, gunung tanggamus tidak lah asing lagi bagi mereka, gunung ini juga menjadi salah satu gunung pavorit yang ada di indonesia untuk melakukan pendakian dan kemping, pemandangan akan terlihat begitu indah ketika berada di puncak gunung, banyak juga yang memberi nama bahwa gunung ini seperti negeri di atas awan.

7. Taman Kota Agung
Taman kota agung bisa juga menjadi satu tujuan wisata kamu saat berada di kabupaten tanggamus, disana kamu bisa menikmati suasana alamnya yang masih asri dan melepas penat, serta untuk sekedar ber foto-foto dengan ornamen-ornamen keren yang ada di taman kota agung.

8. Pantai Sawmill
Pantai sawmill berada di desa karang sari kecamatan wonosobo, untuk menuju pantai sawmill kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari kota bandar lampung menggunakan transportasi darat. Pantai ini bisa menjadi tujuan wisata kamu berikutnya, karena pantainya yang masih alami belum tercemar polusi, bisa kamu jadikan untuk berileksasi sambil mendengarkan suara deburan ombak dari bibir pantai. Dimana pantai sawmill ini belum ada yang mengelolanya namun tetap keren, cocok juga buat kamu yang gebar berfoto-foto.

9. Bendungan Batu Tegi
Bendungan yang memiliki luas 3,560 hektar ini sangat populer tidak hanya di provinsi lampung saja namun hampir di seluruh indonesia, yang membuat bendungan ini menjadi sangat populer karena, merupakan bendungan yang terbesar atau terluas di asia tenggara. Dari bandar lampung kita membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan untuk bisa sampai di bendungan batu tegi.

Tepatnya bendungan ini berada di desa batu tegi kecamatan air naningan, bendungan batu tegi ini pun banyak di kunjungi oleh wisatawan hanya sekedar ingin menikmati hamparan bendungan yang terbentang luas dan alam yang begitu menakjubkan, dan hanya sekedar untuk foto-foto