Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Aman Dan Menyenangkan Belanja Online Ala Konsumen Cerdas

Cindri yanto - 6 Tips aman dan menyenangkan belanja online ala konsumen cerdas. Akhir akhir ini banyak sekali toko-toko online yang bermunculan, kemunculan nya pun di sambut baik oleh masyarakat indonesia. Karena merasa terbantu dengan hadirnya toko online tersebut. Dimana masyarakat bisa membeli produk apa saja tanpa harus muter-muter serta berdesak-desakan dengan pembeli lain dalam mendapatkan produk yang di inginkan. dengan ada nya toko online maka masyarakat tidak perlu keluar rumah lagi.

Kita cukup menggunakan smartphone dengan sambungan internet, maka barang yang kita inginkan bisa sampai di rumah sesuai dengan yang di inginkan. Selain di mudahkan untuk memiliki/membeli barang, masyarakat juga di berikan kemudahan dalam menjualkan produk-produk yang kita miliki di toko online tersebut dengan sistem reseller atau dropship. Sehingga kita pun bisa mendapatkan penghasilan.

Banyak nya masyarakat yang lebih memilih beralih untuk berbelanja dan melakukan transaksi secara online jika di bandingkan dengan berbelanja langsung di pasar atau mall. Hal ini juga membuat banyak bermunculan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga mereka memanfaatkan peluang dan keadaan dengan cara melakukan penipuan.

Tentunya kamu tidak ingin hal yang serupa seperti ini terjadi dengan kamu. yang sering melakukan transaksi atau belanja secara online. Nah untuk meng antisipasi terjadinya penipuan. sebelum kamu belanja secara online. Kamu baca dulu tips berikut ini.

1. Memilih Tempat Belanja Atau Online Shop Yang Terpercaya
Agar kamu terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau penipuan. Sebelum melakukan transaksi kamu bisa memilih toko online yang terpercaya, sekarang ada banyak toko online yang dapat di pilih saat berbelanja online seperti. toko pedia, lazada, buka lapak, shopie, zelingo, dan masih banyak toko online lainnya.

Kamu juga bisa mengecek dengan cara melihat testimoni para konsumen, jumlah produk yang terjual atau juga hasil survey dari para konsumen. serta reputasi yang baik dari toko tersebut yang biasanya di beri tanda bintang. Dengan melakukan cara tersebut kamu bisa menentukan apakah toko tersebut aman dan terjamin saat berbelanja.

2. Sistem Pembayara
Ada banyak cara yang di berikan oleh pihak toko online dalam melakukan pembayaran saat pembelian produk, di antaranya mulai dari menggunakan kartu kredit, transfer bank, hingga sampai dengan bayar di tempat setelah produk yang di pesan sudah berada di tangan kita.

Disini pun kamu bisa memilih sistem pembayaran mana yang aman menurut kamu, jika kita melihat yang sering terjadinya tindak kejahatan, dimana ketika kita sudah membeli sebuah produk dan mentransfer sejumlah uang namun produk yang kita pesan tidak di kirimkan. melihat dari kejadian tersebut, maka sistem pembayaran di tempat yang di rasa aman.

Namun jika terpaksa harus melakukan sistem pembayaran dengan cara transfer, maka kamu harus bisa bener-bener memastikan bahwa rekening yang di berikan oleh pihak toko itu valid atas nama toko tempat kamu belanja. Dan kamu pun merasa nyaman.

3. Survey Harga
Memilih produk dengan kualitas yang terbaik, namun memiliki harga yang murah, mungkin itu merupakan keinginan bagi setiap konsumen. banyak nya toko online yang tersebar dan menjual produk yang sama, serta kualitas terbaik, terkadang memiliki harga yang berbeda-beda setiap toko online.

Untuk itu jika kamu ingin membeli produk dengan kualitas terbaik, yang sama dari setiap toko dan memilih harga yang murah, kamu bisa melakukan survey terlebih dulu untuk membandingkan harga termurah dari setiap toko online, atau kamu bisa menggunakan platform khusus dalam mencari perbandingan harga.

4. Pilih Produk Terbaik
Belanja online, tentunya kamu tidak ingin merasa kecewa ketika berbelanja secara online, dimana produk yang kamu terima tidak sesuai dengan apa yang kamu pesan. Mulai dari warna, ukuran, merk dan lain sebagainya.

Di sini lah letak kelemahan ketika kita belanja secara online, kita tidak bisa memegang, memeriksa, dan mencoba produk yang ingin di beli. Maka untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi sebaiknya baca dulu keterangan atau deskripsi produk dengan teliti. Mulai dari warna, ukuran, bahan, kualitas dan lain-lain, jika merasa kurang yakin dengan keterangan yang ada di deskripsi sebaiknya tanyakan ke pemilik toko.

5. Manfaatkan Diskon
Berbeda ketika kita berbelanja secara konvensional dimana kita bisa menawar produk yang di inginkan, atau ketika kita berbelanja di mall, dimana kamu biasa berbelanja ketika ada diskon saja, di toko online pun sering juga memberikan diskon pada produk-produk tertentu setiap bulannya. Nah kamu bisa memanfaatkan diskon tersebut.

Namun harus di perhatikan juga karena banyak nya diskon yang di tawarkan setiap bulannya dari setiap toko online membuat para konsumen kelabakak ketika melihat produk yang di incer memberikan diskon karena masa berlakunya segera habis, sehingga para konsumen tidak mempedulikan lagi keterangan yang di berikan apakah sudah di ubah atau tidak.

6. Lakukan Transaksi
Melakukan transaksi dengan baik itu sangat perlu, dimana seperti pada kebiasan para konsumen setiap selesai melakukan pembelanjaan secara online. tinggalkan testimoni kamu sesuai dengan kepuasan yang kamu terima, konfirmasikan ketika produk yang kamu pesan sudah sampai.

itulah 6 tips belanja aman secara online ala konsumen cerdas, selalu tetap berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi online, pelaku kejahatan selalu mendapatkan celah untuk melakukan kejahatan, semoga setiap pembelanjaan online kamu selalu menyenangkan dan memuaskan, semoga bermanfaat