Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Batu Mirau Pugung Malaya Merupakan Potensi Wisata Di Pesisir Barat Lampung

Cindri yanto - Pantai batu mirau pugung malaya, Berbicara mengenai tempat wisata di indonesia. Tempat wisata di indonesia memang tidak di ragukan lagi keindahannya, ini terbukti, seperti yang dikutip dari berita satu bahwa indonesia menduduki ranking ke-6 mengalahkan negara india dan vietnam yang berada di urutan ke 13 dan 20, sebagai negeri paling indah sedunia menurut penilaian situs pariwisata rough guides yang berbasis di london.

Selain itu indonesia juga menduduki pringkat ke 30 dunia. Sebagai tujuan wisata yang paling banyak di kunjungi dari berbagai negara di dunia, reputasi ini di potret oleh the travel and tourism competitiveness index (TTCI) 2017, yang di keluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF), pada 6 april 2017.

Para wisatawan mancanegara ini Tersebar di berbagai provinsi dan kabupaten di seluruh indonesia, mereka datang hanya untuk menikmati keindahan wisata-wisata kuliner, budaya maupun wisata alam yang ada di indonesia. Salah satu tujuan utama para wisatawan baik manca negara maupun domestik adalah berkunjung ke provinsi lampung.

Di kutip dari republika.co.id Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan PT Telkom, Heri mengatakan, pada oktober 2017 jumlah wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke Provinsi Lampung ternyata melebihi wisnus yang ke Bali. Lampung menduduki peringkat kesembilan dengan jumlah kunjungan yakni tercatat 8,8 juta wisnus, sedangkan Bali di peringkat ke-11 dengan jumlah 8,5 juta wisnus.

Data tersebut di ambil Kementerian Pariwisata dan PT Telkom dengan menggunakan teknik lalu lintas pergerakan wisatawan melalui telepon seluler. Bahkan berdasarkan data itu, kunjungan wisnus ke Lampung pada bulan September 2017 bertengger di posisi enam dan pada Oktober pindah ke posisi sembilan, namun masih di atas Bali yang selama ini menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara dan nusantara.

Peningkatan tak hanya wisnus. Tren kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sejak 2014 juga naik tajam. Pada 2014 kunjungan wisman tercatat 95.528 orang, naik menjadi 114.907 orang pada tahun 2015, dan melonjak 155.053 orang pada tahun 2016. Atas tren kenaikan ini, Heri mengatakan, Pemprov Lampung akan mempertahakannya dengan terus memperbaiki akses menuju destinasi wisata utama.
Membahas mengenai tempat wisata yang ada di lampung ada salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan para wisman. wisata yang terletak di kabupaten pesisir barat krui. Pesisir barat memiliki luas 2.953,48 km2 dengan garis pantai sejauh 200 kilometer yang sangat mempesona.

Berkunjung ke pesisir barat Selain bisa menikmati wisata kuliner, budaya, religi kamu juga bisa menikmati wisata alamnya dengan nuansa pantai yang menyejukkan seperti, pantai tanjung setia dan pantai labuhan jukung yang sudah di kenal hingga tingkat internasional dengan keindahan ombaknya untuk melakukan surfing.
Di pesisir barat krui ada juga pantai yang tidak kalah kerennya dari pantai tanjung setia dan pantai labuhan jukung, yaitu pantai batu mirau, pantai batu mirau di dominasi bebatuan karang yang menjulang tinggi, pantai batu mirau memang belum menjadi wisata andalan pesisir barat tetapi jika dilihat dari potensi nya, pantai batu mirau bisa saja menjadi salah wisata andalan Kabupaten Krui pesisir barat.

Jika kamu berkunjung ke pantai batu mirau, sangat menarik untuk kamu telusuri tentang pemberian nama pantai ini, karena menurut sejarah dan cerita singkat warga sekitar, dahulu kala pantai ini merupakan sebuah desa atau kerajaan yang masih mempunyai keterkaitan dengan cerita rakyat, Pahit Lidah.
Jika kita melihat secara langsung memang pantai ini nampak seperti sebuah kerajaan, karena terdapat bebatuan yang menyerupai benda-benda hidup maupun mati, seperti batu-batu karang yang nampak menyerupai, pintu, kerbau, tangga, kapal, pengantin wanita (batu kebayan) dan lain-lain.

Pantai batu mirau memiliki beberapa bagian spot, yang di batasi oleh bebatuan karang yang menjulang tinggi dan berhadapan langsung dengan pantai. Berkunjung ke pantai batu mirau sangat cocok buat kamu yang suka koleksi foto di feed instagram kamu.

karena di pantai batu mirau terdapat banyak spot cantik untuk ber foto-foto. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan, kamu bisa bermain pasir pantai sambil menyusuri setiap spotnya, kamu juga bisa mandi atau sekedar berendam di pantai.
Pantai batu mirau berada di kabupaten pesisir barat, tepatnya di pekon pugung malaya kecamatan lemong, untuk menuju ke pantai batu mirau bisa di tempung dengan menggunakan perjalanan darat selama 57 menit dari pusat kota kabupaten pesisir barat.
Sepanjang perjalanan mata kita akan di manjakan dengan keindahan pantai yang bisa kita lihat secara langsung dari tepi jalan, sebelum sampai ke pantai batu mirau kita akan melewati terlebih dahulu wisata pantai lainnya, seperti pulau pisang dan batu tihang (tiyang).

Pulau pisang

Batu tihang (tiyang)
Untuk biaya tiket masuk ke pantai batu mirau kamu tidak perlu khawatir karena tidak di pungut biaya/gratis, namun kami sarankan jika kamu berminat berkunjung ke pantai batu mirau, untuk mengajak warga setempat yang tahu lokasi spot-spot cantik dan keren di pantai batu mirau. Tabiik pun, silahkan di share. Untuk koleksi foto sipahkan cek di akun instagram resmi : @pugungmalaya