Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Liburan Yang Menyenangkan Dan Hemat Biaya


Cindri yanto - 8 Tips liburan yang menyenangkan dan hemat biaya. Suka travelling atau jalan-jalan, kebanyakan dari masyarakat indonesia sudah dapat di pastikan jika setiap orang suka dengan kegiatan yang satu ini yaitu jalan-jalan atau berwisata, meskipun mereka tidak memiliki hobi jalan-jalan.

Terkadang hari-hari kita pernah merasakan bosan dan suntuk di kantor tempat bekerja, dan terlintas dipikiran ingin jalan-jalan namun tidak dapat dilakukan dikarenakan tidak memiliki waktu luang, disebabkan sibuk dengan pekerjaan.

Pada saat Mendengar kata libur bekerja, dari tempat bekerja, tentu ini waktu yang di tunggu-tunggu sebagian orang, dan segera menyusun rencana sebaik mungkin untuk berlibur, sehingga tidak akan menyia-nyiakan kesempatan.

Nah agar waktu liburan kamu tidak menjadi sia-sia sebaiknya kamu baca dulu tips-tips liburan menyenangkan dan hemat biaya berikut ini :

1. Lakukan Riset
Terkadang kita selalu menyepelekan untuk tidak melakukan riset ke tempat wisata yang sudah di tentukan tempatnya, namun pada akhirnya merasa kecewa karena tempat yang di kunjungi tidak sesuai dengan apa yang di inginkan.

Untuk kamu yang sudah menentukan tempat dan waktu untuk berlibur, sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dulu. Banyak cara dapat kamu lakukan untuk meriset tempat wisata yang sudah di tentukan, diantaranya mencari di blog-blog trevelling atau forum-forum travelling dan kamu bisa menanyakan kepada teman-teman kamu yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut.

2. Transportasi
Untuk tips berikutnya transportasi, kamu bisa mempertimbangkan sendiri untuk tips yang satu ini, namun saya sarankan jika kamu ingin berlibur sebaiknya menggunakan kendaraan umum saja dari pada menggunakan kendaraan pribadi.

Selain untuk mengirit biaya, kamu juga bisa lebih leluasa untuk berpindah ke tempat wisata dari yang satu ke tempat wisata yang lainnya, yang bisa saja tidak memungkinkan untuk di lewati oleh kendaraan.

3. Budget
Budget merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan saat berliburan, sebaiknya lakukan perincian budget terlebih dahulu, seperti menentukan budget untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari.

Disarankan untuk membawa uang tunai selama kamu berlibur, dengan membawa uang tunai kamu akan lebih mudah untuk mengatur pengeluaran kamu, selain itu juga untuk berjaga-jaga apabila tempat kamu berlibur tidak ada bank/Atm, namun tetap bawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCard. untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak.

4. Penginapan
Mencari penginapan seperti hotel berkelas bukanlah menjadi solusi liburan yang menyenangkan buat kamu, jika kamu ingin mengirit biaya, karena waktu kamu akan lebih banyak digunakan untuk berwisata bukan di tempat penginapan.

Maka carilah tempat penginapan atau hotel yang layak, bersih dan nyaman untuk di tempati dan tentunya yang murah. Cari tempat penginapan yang strategis dekat dengan objek wisata yang ingin kamu kunjungi.

5. Makanan
Hindari untuk makan di restoran, sebaiknya kamu mencari makanan khas daerah setempat, tempat kamu berwisata, biasanya makanan khas daerah selain harganya yang murah rasanya juga tidak kalah enak dengan masakan restoran. Selain itu kamu juga akan mendapatkan pengalaman mencicipi makanan asli khas daerah tersebut yang dimasak oleh masyarakat lokal.

6. Perjalanan Malam
Tips yang satu ini mungkin cocok buat kamu yang ingin berwisata dari satu tempat ke tempat wisata lainnya, dan menggabiskan waktu di perjalanan.

Untuk mengirit biaya, kamu bisa tidur di transportasi umum yang kamu naiki, Maka untuk itu lakukan perjalanan pada malam hari, selain mengirit waktu kamu juga mengirit biaya pengeluaran.

7. Ajak Teman
Mengajak teman yang humoris bisa menjadi solusi liburan yang menyenangkan. Jika kamu salah satu orang yang cepet merasa bosan dan emosi. Maka Teman humoris bisa menghibur kamu saat sedang bosan atau emosi sekalipun. Apalagi jika berada di tempat yang susah dengan jangkauan teknologi, maka yang paling manjur pasti bercanda dengan teman.

8. Oleh Oleh
Membeli oleh-oleh setelah pergi ke tempat berlibur, tentu sangat dianjurkan, agar kamu dapat mengenang momen-momen liburan kamu, tetapi membeli oleh-oleh jangan jadikan sebagai prioritas utama kamu jika kamu sedang menghemat biaya.

Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi berkualitas. Untuk mencari barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau biasany di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam dari pada toko cinderamata (gambar/Oktagon.co.id)