Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Peluang Usaha Saat Menjelang Bulan Ramadhan Yang Menguntungkan

Cindri yanto - Bulan puasa atau bulan suci ramadhan, bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya, dimana pada bulan suci ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat.

Namun bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat indonesia pada saat bulan ramadhan tiba, banyak bermunculan pengusaha atau pembisnis dadakan, yang hanya dapat ditemukan pada saat bulan ramadhan saja.

Banyaknya pelaku usaha pada saat menjelang bulan ramadhan, menandakan bahwa peluang usaha di saat momen-momen seperti ini memang sangat menjanjikan keuntungannya. Hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari saja, yang sedang berpuasa.

Bagi mereka yang jeli melihat peluang usaha pada saat bulan ramadhan untuk menambah penghasilan. umumnya hanya memasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari seperti berupa barang-barang yang berkaitan dengan kuliner, baik untuk berbuka puasa (takjil) maupun untuk sahur.

Berikut beberapa peluang usaha yang telah kami rangkum. Peluang usaha yang sering di buru oleh masyarakat saat bulan ramadhan, beberapa peluang usaha ini bisa kamu lakukan sesuai kemampuan kamu.

1. Takjil Dan Minuman Segar
Peluang usaha yang paling banyak di serbu oleh masyarakat pada saat bulan ramadhan adalah jualan Takjil Dan Minuman Segar, dikarnakan momen berbuka puasa adalah momen yang dinantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa pasti akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka puasa.

Jika kamu berminat untuk memanfaatkan peluang ini Kamu bisa mulai berjual di halaman rumah, di pinggir jalan, atau bisa juga kamu bawa ke tempat kerjamu. Hanya Dengan bermodalkan kisaran 500rb-1jt kamu sudah bisa berjualan.

2. Jualan Kue Kering
Bisnisukm.com
Pada saat menjelang bulan ramadhan biasanya peminat kue kering selama bulan Ramadhan sangatlah besar. Maka kamu bisa memanfaatkan peluang usaha yang menguntungkan satu ini untuk berjualan kue kering, seperti nastar, putri salju, kue kacang tanah, kue lidah kucing, kue kering kastengel, kue kacang blue band, kue choco chip, kue ring keju dan lainsebagainya.

lebih-lebih Jika kamu bisa memproduksinya sendiri itu lebih baik dan menguntungkan Tapi kalau kamu tidak bisa, kamu bisa jadi reseller aja sudah cukup menguntungkan. Yang jelas, peminat kue kering selama bulan Ramadhan sangatlah besar. Untuk kamu yang ingin menambah penghasilan maka Jangan sia-siakan peluang usaha yang satu ini.

3. Buah-buahan
Buah-buahan merupakan salah satu yang paling banyak dicari untuk berbuka puasa, selain untuk di makan secara langsung buah-buahan ini juga sering di oleh kembali menjadi minuman segar, sop buah atau jus buah dan lain sebagainya.

karena biasanya juga masyarakat indonesia Berbuka puasa identik dengan makanan yang manis dan segar. Jadi kamu bisa mencoba peruntungan untuk berjualan buah-buahan seperti timun suri, kolang kaling, kurma, apel, jeruk, anggur dan semacamnya.

4. Jual Pakaian
Berjualan pakaian muslim menjelang lebaran seperti jilbab, mukena, peci, sarung, baju koko, sejadah dan lain sebagainya. Merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan apalagi ketika mendekati lebaran.

Bagi para ibu-ibu Mereka akan sering membelinya baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Terlebih akan banyak event buka bersama berama keluarga atau kerabat. Tentunya mereka tidak ingin menggunakan baju yang sama di acara yang berbeda. Untuk itu ini merupakan peluang usaha yang amat besar ketika ramadhan hingga menjelang lebaran.

Memang untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang lumayan besar, namun jika kamu tidak memiliki cukup modal carilah supplier yang menjual pakaian murah tapi berkualitas. Perhatikan juga modelnya karena jaman sekarang fashion muslim juga memiliki model-model terbaru yang kekinian.

5. Jasa pembuatan ketupat
Buat kamu yang terbatas masalah Modal namun mempunyai keterampilan dalam menganyam atau membuat ketupat, peluang yang satu ini bisa kamu coba yaitu jasa menganyam ketupat, menganyam ketupat bisa kamu lakukan kapan saja. Dan Tidak terlalu membuang waktu.

Biasanya jasa pembuatan ketupat ini banyak menerima orderan mendekati hari H lebaran saja. Karena disana sedang puncak-puncaknya.

6. Rental Mobil
Ketika Hari Lebaran tiba biasanya orang-orang banyak yang ingin merental mobil untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman dibandingkan untuk menaik kendaraan umum.

Menyewa atau merental mobil di anggap lebih praktis daripada menaiki kendaraan umum, karena tak perlu repor mengangkut/menaik turunkan koper dan harus berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Hal yang harus kamu perhatikan jika ingin merentalkan mobil, lengkapi mobil kamu dengan aplikasi GPS agar terhindar dari pencurian, jikapun terjadi pencurian kamu bisa melacak keberadaan mobil kamu.