Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Merintis Bisnis Dari Nol Hingga Menjadi Sukses

Cindri yanto - Memiliki usaha atau bisnis sendiri belakangan ini sedang menjadi trend di kalangan anak muda masyarakat indonesia, akhir-akhir ini banyak anak muda yang lebih memilih untuk membangun atau merintis usaha sendiri daripada memilih untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Merintis usaha sendiri memang dinilai sangat epektif dan menguntungkan daripada menjadi karyawan di sebuah perusahaan, begitulah pernyataan mereka yang telah berhasil/sukses. Selain itu dengan alasan lain dikarnakan waktu yang tidak terikat, seperti pada saat bekerja di perusahaan maupun di perkantoran, memiliki usaha atau berbisnis bisa dilakukan di mana saja, dan penghasilan pun yang kita dapatkan tidak terbatas.

Memang untuk meraih suatu kesuksesan tidak bisa di raih dengan begitu saja, dibutuhkan sebuah proses, terkadang di setiap proses itu tidak selalu berjalan dengan mulus, pasti mengalami pasang surutnya. Apalagi bagi para pemula yang benar-benar baru merintis, banyak sekali tantangan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga meraih kesukses.
Dkijakarta.co

Nah Jika kamu merupakan salah satu yang ingin merintis di dunia bisnis dari nol, sebaiknya kamu pahami dulu tips-tips Berikut ini. Tips merintis bisnis dari nol menjadi sukses dan menjadi besar.

1. Melihat Peluang
Buat kamu yang ingin memuai suatu usaha atau bisnis tentunya hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mencari peluang bisnis yang ada di sekitar kamu. Memanfaatkan suatu peluang merupakan strategi utama untuk memulai setiap usaha atau bisnis.

Memang tidak dapat di pungkiri bahwa banyak sekali peluang bisnis yang ada di sekitar kita yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya.

Namun Kelebihan lainnya adalah jarak dengan tempat tinggal yang dekat dan kamu lebih memahami tentang seluk beluk di sekitar yang memengaruhi peluang bisnis di sekitar Anda.

2. Fokus Pada Satu Peluang
Buat kamu yang sedang merintis, setelah menemukan suatu peluang bisnis atau usaha sebaiknya kamu fokus pada satu peluang saja terlebih dahulu, agar seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah, hal ini juga memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide kamu untuk mengelolanya.

Karena Salah satu penyebab kegagalan setiap pebisnis yang sedang merintis adalah mereka terlalu berangan-angan dan memiliki banyak bisnis sehingga pikirannya terpecah-pecah ke bisnis yang lainnya.

lain halnya jika kamu memang sudah memahami tentang seluk beluk dalam dunia bisnis, baik yang kamu kelola maupun dalam bidang bisnis lainnya.

3. Terus Belajar
Walaupun kamu telah memahami tentang seluk beluk usaha yang sedang kamu rintis, tidak ada salahnya jika kamu terus belajar dari berbagai pengalaman. Contohlah setiap hal yang baik dan jangan lupa untuk selalu memantau kondisi lapangan, bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain.

Dengan cara berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang yang sudah sukses lainnya, dengan berkonsultasi kamu dapat mengambil setiap pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, jadikan mereka tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses.

4. Utamakan Kualitas
Setelah kamu selesai dengan poin-poin penting diatas maka berikutnya kamu harus bersaing dengan kualitas. Hal ini penting mengingat menjamurnya berbagai bisnis yang telah ada sekarang ini, baik bisnis skala kecil hingga yang berskala besar.

jika kamu bersaing pada harga, kamu pada akhirnya akan menjual dengan harga yang pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kamu harus menguasai keahlian berkomunikasi dengan konsumen, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai atau kualitas produk yang lebih baik.

Ini adalah pelajaran berharga di mana kamu akan bisa bersaing dan menentukan strategi yang bagus untuk memulai masuk kedalam persaingan pasar.

5. Promosi
Merintis bisnis tanpa melakukan promosi, tentunya bisnis tidak akan mudah untuk berkembang dan tidak bisa dikenal oleh banyak konsumen. Melakukan promosi merupakan kunci sebuah usaha atau bisnis. Lakukanlah promosi secara optimal, manfaatkan berbagai media sosial atau melakukan promosi secara langsung, lakukan promosi pada bisnis kamu secara rutin setiap bulannya.