Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Jenis Tapis Lampung Dan Motif Serta Menurut Pemakaiannya

Cindri yanto - 16 Jenis Dan Motif Kain Tapis Khas Lampung Serta Menurut Pemakaiannya. Tapis merupakan Kain khas masyarakat lampung yang sudah dikenal hingga ke tingkat internasional, yaitu kain Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas, dan menjadi pakaian khas suku Lampung.

Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah, berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif seperti motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak.

kerajinan tradisional asal lampung ini, merupakan warisan budaya masyarakat lampung. Dengan keindahan motif dan kemegahan benang emas yang dipakai membuat tapis Lampung menjadi kain yang bernilai ekonomi tinggi.

Terbukti, beberapa selebritas dunia, seperti Paris Hilton dan Miss Universe asal Puerto Riko, Zulyka Rivera, pernah menggunakan busana dengan motif tapis rancangan desainer asal Lampung, Aan Ibrahim.

Tapis Lampung yang sangat beragam motif dan jenisnya, memiliki ketentuannya masing-masing berdasarkan aturan siapa, kapan dan dimana tapis tersebut harus dikenakan. Sehingga, bentuk dan ragam hiasnya pun sudah di sesuaikan berdasarkan acara adat yang akan dihadiri sang pemakai.

Berikut benerapa motif dan jenis kain tapis serta ketentuan dalam pemakaiannya.

Untuk motif tapis lampung sendiri memiliki beragam motif, namun motif tapis lampung yang banyak diminati dan paling populer diantaranya.

1. Tapis Motif Lereng-lereng
Haikars.net
Motif jenis ini motif yang paling populer di kalangan masyarakat Lampung bahkan di indonesia. Motif ini juga sering dijadikan oleh para guru sebagai tugas prakarya atau seni para murid di sekolah (Lampung) dalam membuat sebuah jaitan Kain Tapis yang bermotif lereng-lereng.

Motif lereng-lereng juga sering digunakan para pemproduksi Kain Tapis sebagai motif utamanya. Warna pada bagian belakang dari motif ini berwarna merah, dan warna dari segitiga yang menyerupai bentuk lereng-lereng berwarna emas agar terlihat lebih serasi dan indah.

2. Tapis Motif Gunung
Motif ini terbilang motif yang sangat indah bila dikerjakan secara teliti. Bentuk dari motif ini berupa segitiga yang sedikiti besar yang terlihat seperti gambaran motif sebuah gunung. Maka motif yang satu ini dinamakan motif gunung oleh masyarakat Lampung.

3. Tapis Motif Bukit
Seperti namanya, motif ini dinamakan motif bukit karena bentuk dari motif ini terlihat seperti sebuah bukit. Motif ini sering dibuat motif kreasi oleh masyarakat Lampung, bentuk motif ini yang menyerupai bukit dirubah menjadi bentuk mahkota siger yang terlihat sangat indah.

Untuk jenis-jenis Kain Tapis lampung sendiri memiliki berbagai macam jenis. Berikut diantaranya, jenis kain tapis dan menurut pemakainya.

1. Tapis Jung Sarat
Tokopedia.com
Tapis ini dipakai oleh pengantin wanita pada upacara perkawinan adat. Selain itu, kain ini juga dapat dipakai oleh kelompok isteri kerabat yang lebih tua yang menghadiri upacara mengambil gelar, upacara pengantin, dan muli cangget (gadis penari) pada upacara adat.

2. Tapis Raja Medal
Tapis ini biasanya dipakai oleh kelompok isteri kerabat paling tua (tuho penyimbang) pada upacara adat, seperti upacara mengawinkan anak dan pengambilan gelar pangeran. Khusus untuk daerah Abung Lampung Utara, Tapis ini digunakan oleh pengantin wanita pada upacara perkawinan adat.

3. Tapis Balak
Haikers.net
Biasanya dipakai oleh adik perempuan dan menantu perempuan dalam menghadiri upacara pengambilan gelar atau upacara mengawinkan anak. Tapis ini juga dapat dipakai oleh muli cangget (gadis penari) pada upacara adat.

4. Tapis Tuho (Tapis Tua)
Kreasilampung.blogspot.co.id
Tapis Tuho dipakai oleh kalangan berstatus sosial tinggi
biasanya dipakai oleh:
- seorang isteri yang suaminya sedang mengambil gelar sultan,
- orang tua (mepahao) yang sedang mengambil gelar sultan, dan
- isteri sultan yang menghadiri upacara pengambilan gelar kerabat dekatnya.

5. Tapis Kaca
Haikars.net
Dipakai oleh para wanita ketika menghadiri upacara adat atau mengiring pengantin. Di daerah Pardasuka Lampung Selatan, Tapis ini juga dipakai oleh laki-laki ketika menghadiri upacara adat.

6. Tapis Raja Tunggal
Dipakai oleh isteri kerabat paling tua (tuho penyimbang) pada upacara perkawinan adat dan pengambilan gelar, baik gelar pangeran maupun sultan. Khusus untuk daerah Abung Lampung Utara, Tapis jenis ini dipakai oleh para gadis dalam menghadiri upacara adat.

7. Tapis Laut Andak
Kain jenis ini biasanya dipakai oleh muli cangget (gadis penari) pada acara adat cangget. Dipakai juga oleh Anak Benulung (isteri adik) sebagai pengiring pada upacara pengambilan gelar sultan, dan oleh dipakai juga oleh menantu perempuan pada acara pengambilan gelar sultan.



8. Tapis Silung
Tapis jenis ini biasanya dipakai oleh kelompok para perempuan tua yang masih kerabat dekat dalam upacara adat, seperti mengawinkan anak, pengambilan gelar, khitanan dan lain-lain. Dapat juga dipakai pada saat pengarakan pengantin.

9. Tapis Laut Linau
Tapis ini biasanya dipakai oleh :
-kerabat isteri yang tergolong kerabat jauh ketika menghadiri upacara adat.
- para gadis pengiring pengantin pada upacara turun mandi pengantin dan mengambil gelar pangeran, dan - gadis penari (muli cangget).

10. Tapis Pucuk Rebung
Tapis ini biasanya dipakai oleh para ibu atau para isteri ketika menghadiri upacara adat. Di daerah Menggala, Tapis ini disebut juga Tapis Balak, yang dipakai oleh wanita pada saat menghadiri upacara adat.

11. Tapis Cucuk Andak
Dipakai oleh para isteri keluarga penyimbang (kepala adat atau suku) yang sudah bergelar sultan dalam menghadiri upacara perkawinan atau pengambilan gelar adat. Di daerah Lampung Utara, Tapis ini dipakai oleh pengantin wanita dalam upacara perkawinan adat, dan di daerah Abung Lampung Utara dipakai oleh ibu-ibu pengiring pengantin dalam upacara adat perkawinan.

12. Tapis Limar Sekebar dan Tapis Cucuk Pinggir
Kedua jenis Tapis ini biasanya digunakan oleh para isteri dalam menghadiri pesta adat, dan para gadis pengiring pengantin dalam upacara adat.

13. Tapis Agheng atau Areng
Dipakai oleh para isteri yang suaminya telah mendapatkan gelar sultan pada upacara pengarakan naik pepadun atau pengambilan gelar. Tapis ini juga biasanya dipakai oleh pengantin untuk pakaian sehari-hari. Tapis Inuh. Kain Tapis ini biasanya dipakai pada saat menghadiri upacara-upacara adat.

14. Tapis Dewosano
Di daerah Menggala dan Kota Bumi, Kain Tapis ini dipakai oleh pengantin wanita pada saat menghadiri upacara adat.

15. Tapis Bintang dan Bintang Perak
Dipakai oleh pengantin wanita pada saat upacara adat.

16. Tapis Bidak Cukkil
Tapis ini dipakai oleh laki-laki pada saat menghadiri upacara-upacara adat.

Itulah beberapa motif kain tapis lampung dan jenis-jenis kain tapis lampung serta menurut pemakaiannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan untuk kita semua dalam mempelajari motif dan jenis serta pemakain kain tapis lampung.

Silahkan dibagikan agar makin banyak orang yang tahu. Indahnya saling berbagi ilmu yang bermanfaat, karena kebaikannya akan terus berlipat dan pahalanya akan terus mengalir sampai kita meninggal kelak.