Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jadwal Event Dan Perlombaan Di Pesisir Barat Setiap Tahun Selalu Diadakan

Cindri yanto - Bicara tentang wisata yang ada di kabupaten pesisir barat (Krui) enggak ada matinya, Kabupaten pesisir barat (Krui) selain mempunya spot-spot wisata yang keren. Krui juga mempunya festival-festival dan event seru yang bisa membuat kamu ketagihan untuk menyaksikannya, festival dan event inipun sering di adakan setiap tahun di pesisir barat (Krui), Nah Pada tahun 2018 ini kira-kira ada festival dan event apa aja yang dapat kita saksikan, Mari kita Lihat Jadwalnya.

1. Pemilihan Muli Mekhanai Pesisir Barat  yang akan berlangsung pada 20-22 Maret 2018.
Acara ini merupakan event tahunan yang rutin diadakan di pesisir barat (krui), Pemilihan Muli Mekhanai merupakan ajang pemilihan putra-putri terbaik yang ada di kabupaten Pesisir Barat (krui), tujuannya yakni untuk mempromosikan budaya dan pariwisata yang ada di kabupaten tersebut. Nah untuk kamu muli mekhanai pesisir barat yang ingin ikut menjadi peserta, dalam acara bergengsi di kabupaten pesisir barat.

berikut ketentuan dan syarat  untuk menjadi peserta dan waktu pendaftarannya.

1. Putra/Putri yang berasal dari Pesisir Barat
2. Minimal Pendidikan SMA sederajat/siswa
3. Belum pernah menikah
4. Pria / Wanita, sehat jasmani dan rohani Usia 16–24 Tahun
5. Berpenampilan menarik dan memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk Muli, untuk Mekhanai memiliki tinggi 165 cm
6. Berkepribadian menarik, bewawasan pariwisata, budaya dan pengetahuan umum
7. Tidak memiliki catatan kriminal di kepolisian
8. Menguasai Bahasa Lampung aktif
9. Menguasai salah satu bahasa asing setidaknya pasif (khususnya Bahasa Inggris) akan diberikan nilai lebih
10. Memiliki wawasan pengetahuan umum terutama Budaya Lampung
11. Peserta berasal dari umum, sekolah (SMA/Sederajat) atau Kecamatan
12. Pelanggaran terhadap kedisiplinan dan tata tertib akan dikenakan sanksi Diskualifikasi
13. Keputusan Dewan Juri Mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
14. Apabila menjadi finalis nantinya bersedia untuk ikut serta dalam kegiatan kepariwisataan.

Persyaratan Administratif
1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan jelas yang disediakan panitia.
2. Menyerahkan Photo Copy identitas 1 lembar
3. Menyerahkan photo diri dengan ukuran postcard 3-R (seluruh badan & close up) terbaru
4. Pendaftaran tidak dipungut biaya (gratis).

Waktu Pendaftaran
1. Pendaftaran dimulai sejak 01 februari 2018 dan berakhir pada 20 Maret 2018

Tempat Pendaftaran
1. Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat
2. Tourism Information Center (TIC) Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat (Kawasan Wisata Labuhan Jukung)
3. Krui Cell, Pesisir Tengah (Depan BRI)

Contact Person atau Informasi, jika kamu kurang paham bisa menghubungi no berikut ini:
Putri (0822 8056 6534 ), Reva (0822 10493937), Kak Jimmy (0813 6920 6999)

2. Krui pro 2018 surfing competition QS 1500 Men's & QS 1000 women's yang akan berlangsung pada tanggl 15-20 April 2018.
Krui Pro 2018 surfing competition QS 1500 Men's & QS 1000 women's merupakan kompetisi surfing tingkat internasional. meskipun kabupaten pesisir barat merupakan kabupaten termuda di provinsi lampung, namun ini merupakan kali keduanya kabupaten pesisir barat mengadakan acara tingkat internasional, acara pertama diselenggarakan pada tahun 2017 dengan tema QS Krui Pro 2017 dengan jumlah peserta 86 orang yang mengikuti acara tersebut.

Untuk acara kedua yang berlangsung selama lima hari akan di selenggarakan di pantai tanjung setia pada tanggl 15-20 April 2018, yang kekerja sama dengan World Surf League (WSL), Asian Surfing Championship (ASC), dan Indonesian Wave Surfing Association (PSOI).

3. Festival Teluk Stabas V akan di selenggarakan pada tanggal 16-23 April 2018.
Akan terdapat banyak rangkayan acara yang di suguhkan selama Festival Teluk Stabas V berlangsung, mulai dari kerajinan lokal seperti, Nyulam Tapis, Nyelimpok, Parade Budaya, Tari Adat Lampung, Tari Kreasi, Ngunduh Damar, Ngukokh Kelapa, Mawalan, Lagu Lampung, Burung Berkicau Dan Video Wisata.

Festival Teluk Stabas yang di adakan oleh dinas pariwisata pesisir barat merupakan salah satu festival terbesar yang menampilkan atau memamerkan aneka budaya, kuliner, wisata dan kerajinan tradisional khas pesisir barat, festival teluk stabas ini juga yang membuat kekayaan alam di pesisir barat lebih dikenal baik tingkat Nasional maupun internasional, terbukti telah mencatatkan rekor MURI dan dunia dengan “1001 Bebay Nyuncun Pahakh” dan “1001 Ngunduh Damar.

4. Semarak Pulau Pisang  yang akan di selenggarakan pada bulan agustus 2018.
Pulau Pisang yang memiliki luas 148,82Ha merupakan wilayah satu kecamatan, dan memiliki 6 (enam) desa, yaitu Pekon Labuhan, Pekon Pasar, Sukadana, Suka Marga, Pekon Lok, dan Bandar Dalam. dimana Bagian barat dan selatan pulau pisang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

semarak pulau pisang, merupakan festival tahunan yang di adakan di pulau pisang dalam festival ini banyak acara yang disuguhkan yang dapat kita saksikan mulai dari fashioh show baju adat lampung, hingga festival kembang api dan berbagai macam perlombaan, salah satu perlombaan yang di tunggu-tunggu dalam festival ini adalah lomba menyebrang pulau pisang mulai dari dermaga tembakak menuju pulau pisang.

Festival semarak pulau pisang ini sudah di adakan sejak tahun 2016, dan untuk peserta lomba menyebrang pulau pisang mulai dari dermaga tembakak menuju pulau, pesertanya tidak hanya dari pesisir barat saja namun boleh dari luar pesisir barat maupun luar negeri boleh untuk mengikuti.

5. Kemilau Ngambur yang akan di adakan pada bulan Oktober 2018.
Kemilau ngambur merupakan festival yang pertama kali akan di selenggarakan di kabupaten pesisir barat, acara kemilau ngambor ini bertujuan untuk mengapresiasi masyarakat daerah Ngambur dalam mempromosikan budaya dan pendidikan. Dalam berlangsungnya acara kemilau ngambor akan menyuguhkan berbagai perlombaan budaya dan akademis yang akan digelar secara meriah.

Acara kemilau ngamburt ini akan di selenggarakan selama 3 hari di mulai pada 02-oktober-2018 sampai kamis 04/10/2018. kegiatan yang akan di adakan diantaranya, Bike Vaganza, Pembukaan Kemilau Ngambur, Lomba Pidato Bahasa Lampung, Lomba Budikekh, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Panjat Kelapa, Lomba Muayak, Lomba Musik Kreatif, Lomba Pidato Bahasa Inggris dan masih banyak kegiatan lainnya yang akan di lombakan.