Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Sop Ayam Spesial Yang Lezat

cindri yanto - Resep membuat sop ayam spesial yang lezat, Berbicara tentang sop ayam Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini, sop adalah makanan berkuah yang berbahan dasar dari sayur-sayuran dan daging ayam, kuliner nusantara yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini tetap menjadi menu utama keluarga yang dinanti sehingga menjadi masakan favorit keluarga modern saat ini.

Sop ayam masuk kedalam salah satu menu masakan praktis dan cepat saji. biasanya sayuran sop ayam menjadi masakan favorit para ibu-ibu, sop ayam juga disukai oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga para orang tua. dan tidak ada pantangan bagi yang sedang sakit, bahkan untuk balita sayur sop juga sangat dianjurkan.

Karna sop ayam mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan balita. Dan rasanya yang gurih berasa banget ayamnya, banyak yang menjadikan masakan sop ayam sebagai salah satu  masakan favorit bagi keluarga.

Agar lebih jelas langsung saja kita praktikkan cara memasaknya dan resep untuk membuat sop ayam.

Bahan utama:
500 gram daging ayam yang masih segar 2 batang bawang daun 1 buah tomat segar 2 buah kentang segar 5 batang kacang buncis 2 batang wortel 3 lembar daun kol 2 batang daun seledri 1 cm jahe 3 sendok makan garam Secukupnya gula pasir Secukupnya air bersih

Bahan bumbu :
5 siung bawang merah 2 butir kemiri sangrai 2 pcs bawang putih ½ sendok kecil merica bubukSecukupnya minyak goreng

Cara membuat sop ayam bumbu spesial :
Daging ayam anda bersihkan sebersih mungkin dengan air yang mengalir. Lalu daging ayam di tiriskan, Sediakan panci dan tuangkan air kedalam panci sebanyak 700 ml, masak air hingga mendidih dengan api yang sedang saja. Tambahkan seledri, bawang daun, daging ayam dan masak semuanya hingga mendidih.

Siapkan bumbu bawang putih, bawang merah, merica dan kemiri halus kan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan cobek agar rasanya lebih terasa nikmat. Sediakan penggorengan dan tambahkan minyak lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan aduk hingga aromanya tercium wangi Setelah matang bumbu tumisan lalu masukan ke dalam air rebusan di dalam panci aduk rata hingga tercampur semua bahannya.

Tambahkan jahe yang sebelumnya sudah anda memarkan, tambahkan pula sayuran yang sudah anda potong-potong lalu aduk kembaliTambahkan garam, gula pasir, aduk hingga tercampur, irisan tomat masukan beserta bumbu yang lainnya. Masak semuanya hingga matang dan daging ayamnya lunak, jika sudah mateng lalu Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk, jangan lupa di atasnya anda taburi dengan bawang goreng.
selamat mencoba dan berkreasi di dapur dengan resep yang telah kami bagikan. Trima kasih