Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Empek Empek Palembang Berikut Dengan Rasa Khasnya

cindri yanto - Cara atau resep membuat empek empek palembang berikut dengan rasa khasnya. Salah satu makanan khas Kota Palembang yang cukup terkenal adalah Empek Empek. rasanya yang enak dan lezat empek-empek palembang terbuat dari tepung sagu, ikan dan di campur dengan bumbu-bumbu khas palembang, saat ini empek-empek palembang banyak di temui di restoran, pasar, ruko, cafe dll.

Hampir di semua kota di indonesia menjual makanan khas palembang yang satu ini maka tidak sulit untuk mencari makanan satu ini, yang sulit adalah membuat rasa atau cita rasa yang sangat mirip dengan yang aslinya yang di buat langsung oleh masyarakat palembang.

Empek-empek palembang ini sangat cocok sekali jika di hidangkan saat santai atau juga bertepatan dengan acara keluarga, seperti arisan, nikahan dll. Maka Untuk kali ini, kami akan berbagi Resep dan cara untuk membuat Empek Empek palembang dengan citarasa khas Palembang.

Bahan utama
- 300 gram, ikan haluskan dengan menggunakan mesin penghalus.
- 125 gram, tepung terigu.
garam 2 sdt atau bisa juga secukupnya.
- 200 gram, tepung tapioka/sagu.
- 1/4 sendok teh, penyedap rasa.
- 1 sendok teh, gula pasir.
- 1 siung bawang putih ukuran sedang, haluskan.
- air bersih 250 ml.
- telur ayam 2 butir untuk isian.

Bahan membuat cuka
- gula merah/aren 250 grair.
- asam jawa 50 grmen
- timun yang masih segar, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil seperti acar
- cabai rawit (sesuai selera), haluskan
- air bersih 1 liter
- bawang putih 200 gr ukuran sedang, iris kecil-kecil lalu cincang halus
- tebi kering 2 sendok makan, dihaluskan terlebih dahulu.

Cara Membuat cuka pempek
masak air terlebih dahulu sampai setengah mendidih secukup nya lalu masukkan asam jawa kedalamnya bersamaan dengan gula merah, rebus semuanya sampai mendidih setelah itu tambahkan juga bawang putih beserta cabe rawit (sesuai selera pedasnya) dan garam secukupnya, aduk pelan-pelan hingga merata setelah dirasa siap, cicipi sedikit kepedasan dan asinnya, jika sudah pas angkat lalu tuang kedalam mangkuk dan campurkan dengan potongan timun yang sudah dipotong-potong tadi.

Cara membuat pempek
Masak air terlebih dahulu sampai mendidih lalu masukkan penyedap rasa yang sudah di siapkan seperti garam secukupnya, bawang putih, gula pasir, tepung terigu. Lalu aduk semua adonan sampai tercampur dengan merata setelah itu pastikan adonannya terasa agak mengental, lalu angkat dan dinginkan. setelah adonannya dingin, tinggal kita campurkan dengan beberapa adonan lainnya seperti daging ikan dan juga telur ayam, olesi semuanya dengan adonan hingga terasa lembut.

setelah itu beri tepung sagu dan aduk kembali sampai rata, jika sudah terasa lengket dan susah untuk dibentuk, tambahkan tepung sagu lagi sampai adonan bisa di bentuk lalu rebus kembail air bersih, dan masukkan adonan empek nya dan isi dengan telur ayam setelah itu rebus semuanya hingga mendidih dan mengapung, tunggu hingga matang lalu angkat dan tiriskan. goreng adonan tersebut saat akan menyajikan, dan siap disantap.

Selamat mencoba dan berkreasi, silahkan di share juga ke teman teman dan keluarga tentang resep dan cara membuat  empek empek Terima kasih