Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Keunikan Tari Saman Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

Daftar Keunikan Tari Saman Perlu Anda Ketahui - Kemungkinan besar peradaban budaya di masyarakat Aceh terus berkembang hingga menghasilkan beberapa tarian khas. Jenis tari Saman masih dikenal sebagai cikal bakal perubahan dan hasil karya pemikiran dari masyarakat terdahulu hingga bisa dilestarikan sampai zaman modern.

Cukup sering kita mendengar dan melihat tarian Saman ini karena memberi keunikan dari gerakan dan beberapa poin di dalamnya. Bukan tanpa sebab bahwa tari Saman ini menjadi kebudayaan khas masyarakat Aceh yang notabene memberi banyak jenis tarian populer.

Daftar Keunikan Tari Saman Wajib Anda Ketahui

Jumlah Penari Harus Ganjil
Perlu Anda ketahui bahwa dari semua kelompok penari Saman harus memperhitungkan jumlah penarinya. Tidak banyak yang tahu bahwa jumlah penari Saman ini harus ganjil. Itulah sebabnya keunikan tari Saman masih terletak pada jumlah penarinya. 

Menggerakkan Tepuk Tangan dan Gerakan Kepala Hingga Badan
Kombinasi dari gerakan tepuk tangan, gerakan kepala sampai perubahan gerak badan juga menjadi keunikan tarian Saman ini. Sudah banyak diketahui gerakan dan kekompakan dari setiap penari Saman adalah kunci kenapa dari gerak tubuhnya terlihat menarik. 

Tidak Memakai Musik
Suara pengiring pada tari Saman ini juga menggunakan tepukan dada, tangan, dan paha kemudian ada syair yang dinyanyikan sebagai pengirin tarian. Menjadi ciri khas khusus dan keunikan tari Saman ini dimana setiap pengiringan musik tidak membutuhkan peralatan khusus, hanya ada pengiringan dari syair yang dinyanyikan sehingga dari tampilan tariannya terlihat menarik. 

Syair Lagu Memakai Bahasa Arab dan Aceh
Perpaduan bahasa Arab dan Aceh di dalam syair pengiring tarian Saman juga menjadi ciri khas menarik. Sedangkan dari komponen isi dari syair tersebut adalah pantun nasehat, sindiran, dan pesan dakwah. Mungkin Anda baru tahu bahwa dari syair pengiring tarian Saman ini menggunakan dua bahasa kemudian terdapat unsur-unsur menarik di dalamnya.

Setiap Gerakan Harus Kompak dan Harmonis
Mungkin ini yang menjadi salah satu daya tarik dari tarian Saman ini yang mana setiap gerakannya harus terlihat kompak dan harmonis. Dalam hal ini keunikan tari Saman juga terlihat sebagai satu kombinasi penting yang seharusnya menjadi cikal bakal perubahan dan perkembangan budaya di masyarakat Aceh.

Alasan Keunikan Tari Saman Cepat Populer

Sejauh ini banyak pengamat budaya melakukan kajian-kajian dan penelitian seputar tari Saman tersebut. Kemudian ada beberapa alasan kenapa ekunikan tari Saman ini cepat populer ke daerah lain bahkan sampai ke mancanegara.

Memiliki Syair yang Khas
Salah satu pemikat dari tari Saman ini adalah penggunaan irama syair yang terkesan lebih dalam untuk melantunkan sebuah pengiring tarian. Dalam hal ini ada konsep penting dari penggunaan syair yang bisa dikatakan lebih khas dan akhirnya dikenal sebagai satu modal penting dalam keunikan tari Saman.

Memberi Petuah dan Dakwah di Setiap Syairnya
Selain dari iraman syair yang memberi nilai estetika lebih menarik, tentu saja dari isi di dalam syair tersebut memberi petuah hingga sindiran, sampai pantun nasehat. Jika Anda amati kembali bahwa dari setiap pengucapan lafal syair pengiring tari Saman memiliki ciri khas berbeda dan menjadi satu konsep budaya menarik dari tari Saman tersebut. 

Perihal bagaimana langkah utama dalam melestarikan budaya tarian Saman ini ada banyak konsep penting cara-cara memahami seperti apa nilai dari semua nasehat dan makna di dalam gerakan tari Saman tersebut. Hingga Anda dapat melihat keunikan tari Saman sampai sekarang.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain