Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Warisan Budaya Aceh Dari Jenis Tarian Dan Penjelasannya

4 Warisan Budaya Aceh Dari Jenis Tarian- Warisan budaya di berbagai daerah Indonesia memiliki cikal bakal baik itu berwujud cerita masyarakat ataupun sejarah. Hal ini menjadi bagian utama dari pengembangan warisan budaya dari daerah Aceh terutama pada jenis tarian.

Karena itu, ada beberapa jenis tarian khas Aceh yang ternyata masuk ke dalam warisan budaya hingga sekarang banyak dilestarikan dalam beberapa acara khusus. Tarian khas Aceh bukan hanya ada satu tetapi sudah ditetapkan menjadi empat bahkan lebih dari itu.

4 Warisan Budaya Aceh Dari Jenis Tarian

Tarian Rapa I Pasee
Khusus untuk daerah Aceh Utara masih terdapat satu tarian bernama Rapa I Pasee. Dari warisan budaya Aceh tersebut sudah masuk ke dalam jenis tarian yang harus dilestarikan dan menjadi warisan budaya bangsa. Hal ini tidak lepas dari kisah sejarahnya, kemudian bagaimana masyarakatnya masih giat melestarikan tarian satu ini.

Jika kita lihat pada gerakan tarian Rapa I Pasee ini memperlihatkan beragam perubahan dan makna penting di dalamnya. Bukan tidak mungkin bahwa konsep dari warisan budaya khas Aceh ini telah banyak menarik minat banyak kalangan termasu penggiat sejarah dan budaya.

Tari Landok Sampot
Berikutnya dari daerah Kluet, Aceh Selatan juga memiliki warisan budaya dalam bentuk Tari Landok Sampot. Dari masa lalu hingga sekarang tarian Landok Sampot juga masuk ke dalam warisan budaya Aceh yang selama ini masih dilestarikan di berbagai acara khusus. Hal ini membuat Tari Landok Sampot masuk kategori warisan budaya dari Aceh yang harus dilestarikan bahkan dijaga sampai anak cucu agar tidak tergerus oleh modernisasi. 

Tarian Payung Meusikat
Dari daerah Alas di Aceh juga memiliki jenis tarian Payung Meusikat. Tarian Payung Meusikat juga mejadi hasil warisan budaya Aceh hingga kini masih dilestarikan masyarakatnya. Karena itu tarian Payung Meusikat ini sering diperlihatkan dalam beberapa acara penting hingga menjadi sebuah konsep utama tarian khas dan budaya masyarakat Aceh.

Tarian Rapa I Grimpeng
Terakhir jenis tarian Rapa I Grimpeng yang berasal dari Aceh sebagai satu hasil budaya tarian yang selama ini terus dilestarikan. Secara khusus tarian Rapa I Grimpeng ini banyak dijadikan sebuah tarian untuk memperingati satu hari spesial dan khusus. Sehingga dari kisah cerita dan beberapa pencetus tarian Rapa I Grimpeng ini bisa kita pelajari.

Tips Melestarikan Budaya Tarian Dari Aceh

Berbagai macam jenis tarian menarik dari Aceh dan menjadi ciri khas sampai produk budaya masyarakat Aceh selalu dilestarikan. Menghadapi zaman modern saat ini ada beberapa tips melestarikan budaya tarian khusus dari Aceh tersebut.

Membuka Sanggar Tarian
Agar masyarakat dan anak-anak muda ingin terus melestarikan warisan budaya Aceh dalam bentuk tarian, bisa dilakukan dengan membuka sanggar tarian. Dalam hal ini cukup banyak konsep penting dalam hal pengembangan langkah-langkah untuk membuat anak-anak muda tertarik dengan proses pembelajaran budaya di Aceh. 

Memberi Edukasi Seputar Warisan Budaya Aceh
Pemberian edukasi bagi masyarakat dan anak-anak muda juga menjadi bagian utama dalam memberi solusi seputar informasi warisan budaya Aceh sampai sekarang. Menjadi hal baru dan penting ketika Anda berhasil memberi edukasi penting seputar warisan budaya dari Aceh hingga memberi pengalaman penting dalam kegiatan melestarikan budaya.

Cukup banyak daftar warisan budaya Aceh yang memiliki beberapa genre baik itu tarian, makanan, senjata, dan masih banyak lagi. Hal ini memberi bukti bahwa Aceh menjadi salah satu daerah dengan keberagaman budaya yang selama ini masih dilestarikan.

Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain