Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Nama Rumah Adat Sumba Dan Bagian Yang Ada Pada Rumah

Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masyarakatnya masih memegang kuat adat istiadat hingga saat ini. Kepercayaan masyarakat kepada roh nenek moyang yang masih berada di sekitar mereka dalam benda-benda dan kehidupan sehari-hari disebut Marapu.
bagian bagian yang ada pada rumah adat sumba uma bokulu

Rumah adat dari sumba barat yang menarik untuk kita bahas, rumah adat ini kita kenal juga dengan rumah menara, bentuknya yang memiliki ciri khas bagian atapnya yang menjulang tinggi bisa mencapai 30 meter, dengan menggunakan material lokal serta tenaga manusia untuk membangunnya.

Rumah Adat Sumba, Nusa Tenggara Timur yang bernama Uma Bokulu atau Uma Mbatangu, dan dari penamaan tersebut ada artinya jadi Uma Bokulu itu berarti Rumah Besar, sedangkan Uma Mbatangu itu berarti Rumah Menara. 

Rumah Adat yang berasal dari Sumba ini merupakan rumah panggung dengan atap yang memakai jerami dan berundak yang menjulang bak menara yang mempunyai 3 tingkatan di tiap bagian dalam rumah. 

Rumah-rumah berdiri mengelilingi kubur batu peninggalan zaman Megalitikum. Rumah adat Sumba penuh dengan nilai-nilai filosofis. Setiap rumah adat dibagi menjadi tiga bagian yaitu menara rumah, bangunan utama, dan bagian bawah rumah

Pada bagian bawah maknanya adalah alam, menjadi tempat hewah peliharaan dan roh jahat. Sedangakan bagian depan rumah digantung tulang babi atau tanduk kerbau untuk menunjukan bahwa si pemilik rumah telah memotong hewan ternak sebagai penanda kedudukan status sosial di masyarakat

Sedangkan bagian tengah biasanya menjadi simbol tempat pemujaan sekaligus untuk tempat tinggal hunian, dan bagian atas dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa, Menara menjadi simbol bagi para roh yang memiliki kedudukan tinggi

Setiap rumah dengan memiliki puncak paling besar dikenal sebagai “Uma Bungguru” yang berarti “Rumah Besar” dimana rumah tersebut merupakan rumah utama dan menjadi tempat untuk melaksanakan berbagai ritual atau upacara penting misalnya upacara pernikahan, pemakaman dan sebagainya. 

Uma Bungguru juga biasanya merupakan rumah tinggal permanen bagi orang tertua di desa atau sekitaran wilayah tersebut.

itulah informasi mengenai Rumah Adat Sumba, Nusa Tenggara Timur, semoga menambah wawasan serta bermanfaat
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain