Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berwisata Ke Kota Medan Keunikan Di Sumatera Utara Ini Perlu Anda Tahu

Ingin Tahu Apa Saja Keunikan di Sumatera Utara? Simak Uraiannya Di sini – Setiap daerah pastinya menuangkan berbagai ciri khas serta keindahan masing-masing. Provinsi Sumatera Utara punya jawabannya. Provinsi ini menghadirkan berbagai keindahan serta keharmonisan di setiap daerah di dalamnya. Berbagai produktivitas yang sangat terpelihara dan terjaga dengan budaya lokal yang masih mewarnai di setiap alurnya.

Sejatinya, ada banyak hal yang membuat Sumut menjadi unik dan banyak daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Dimulai dari keindahan alamnya yang sangat asri sampai dengan jejak-jejak peninggalan sejarah yang tidak boleh dilupakan. Berikut di dalam artikel ini akan dibahas apa saja keunikan yang terdapat dalam Provinsi Sumatera Utara.

Berikut Ini Daftar Keunikan di Sumatera Utara yang Perlu Anda Tahu

Setiap daerah punya warna dan cerita, begitulah kira-kira. Di Sumatera Utara pun banyak menyimpan beragam warna dan cerita unik tersendiri. Di bawah ini ulasan dari keunikan di dsumatera utara yang wajib untuk Anda ketahui dan bisa dijadikan referensi untuk mengunjungi tempat tersebut.

Danau Toba, Keunikan Sumatera Utara yang Utama
Siapa yang tak asing mendengar danau terbesar di Indonesia satu ini? Iya, Danau Toba. Danau Toba memiliki pemandangan indah dan memukau serta menyimpan sejarah yang dalam. Danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter. Termasuk dalam salah satu keajaiban di dunia, maka tak heran banyak wisatawan yang menjadikan destinasi wisata alam terbaik.

Masjid Agung Raya Al-Mashun
Daftar keunikan di sumatera utara selanjutnya adalah Masjid Raya Meda atau diberi nama Masjid Raya al-Mashun. Masjid ini bisa dibilang peninggalan yang sudah tua dan bersejarah di kota Medan. Masjid ini sudah dibangun sejak 21 Agustus 1906 Masehi pada periode Kesultanan Deli ke-9. Dipimpin oleh Sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah saat itu. 

Pembangunan masjid ini selesai kira-kira pada tahun 1909 dan digunakan untuk ibadah salat oleh masyarakat di sana. Masjid yang menjadi kebanggaan bagi warga Medan ini didesain dengan bergaya ala Eropa, India, dan Melayu. Hampir sebagian bangunan masih asli dan terawat. Di antaranya terdapat tempat wudhu yang sudah tua di sisi timur bagian luar. Di sisi barat, terdapat makam para Raja dan juga Sultan.

Bangunan Istana Maimun
Pada masa dahulu, kota Medan dipimpin oleh Kesultanan Deli oleh Sultan Mahmud Al-Rasyid di tahun 1888. Istana Maimun didirikan oleh beliau dan pada tanggal 29 Agustus 2017 diresmikan sebagai ikon kota Medan. Hal ini karena merupakan bangunan ini mendukung keunikan di sumatera utara yang menyimpan filosofi menarik. Ikon tersebut didesain seolah-olah menunjukkan bahwa kota Medan adalah kota multietnis.

Istana Maimun berdiri tegak dengan luas sekitar 2.772 meter persegi serta di dalamnya terdapat kurang lebih 30 ruangan. Bangunan dengan 3 bagian berupa bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan. Bangunan ini menghadap arah utara dan terdapat sebuah Masjid bernama Al-Mashun. Tak hanya menjadi tujuan wisata dan usianya yang tua, bangunan ini mewarisi berbagai kebudayaan Melayu, bernafas Islam, Spanyol, Italia dan Inggris.

Becak Motor Siantar
Jika Anda berkunjung ke kota Pematangsiantar, pasti sering kali menjumpai benda satu ini. Alat transportasi yang menjadi keunikan di sumatera utara. Becak Motor Siantar ini akan siap membawa Anda berkeliling kota Pematangsiantar dengan melihat berbagai aktivitas serta pemandangan di jalan. Becak ini mempunyai sejarah. Konon, becak ini dibuat dengan tenaga mesin dari BSA yang ternyata dijadikan pemasok kendaraan militer tentara inggris. 

Produksi transportasi ini menggunakan tipe M20 dengan kekuatan mesin mencapai 500 cc. Akhirnya, lambat laun becak ini dibawa pasukan sekutu ke kota Pematangsiantar. Sepeda motor ini akhirnya menjadi becak motor dan menjadi ikon di kota tersebut. Namun, di era sekarang ini sudah jarang ditemui. Hal ini disebabkan karena pihak kolektor dari luar dan dalam. Ditambah kesejahteraan yang merosot dan tergantikan dengan motor masa kini.

Demikianlah beberapa keunikan di sumatera utara yang perlu kita ketahui. Masih banyak lagi ragam keunikan yang tertuang di provinsi besar tersebut. Selain mengetahui ragam keunikan dan budayanya, kita sebagai warga negara Indonesia pun harus turut serta menjaganya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak apa saja keunikan lainnya, Anda bisa lebih langsung ke Medan atau membaca ragam buku mengenai keunikan di kota tersebut.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain