Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rekomendasi Wisata Pegunungan Di Jawa Timur Yang Indah Dan Menarik

Rekomendasi Wisata Pegunungan di Jawa Timur yang Indah dan Menarik untuk di taklukkan – Anda yang sedang bingung mengisi liburan, maka wisata pegunungan biasanya dianggap menjadi tempat yang menarik dan indah untuk dikunjungi. Selain karena bisa memberikan pemandangan dan view yang menarik, Anda juga bisa melatih tubuh dan tenaga menjadi lebih kuat.
Tempat pendakian gunung di jawa timur

Di Jawa Timur ada banyak gunung yang bisa Anda daki untuk mengisi waktu liburan, baik sendirian, bersama teman, ataupun berkelompok besar. Masing-masing gunung juga memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga perlu persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian. 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi gunung yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata dan pendakian dalam waktu dekat. Pastikan Anda sudah melakukan persiapan yang matang agar pendakian Anda berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. 

Gunung Bromo
Yang pertama ada bromo , Gunung ini tidak hanya terkenal sebagai wisata pegunungan di Jawa Timur saja, namun juga sebagai wisata pendakian yang terkenal di Indonesia. Ia menawarkan pemandangan yang indah dan menarik, dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Bahkan gunung ini sudah terkenal sampai mancangera karena menawarkan wisata alam dan pendakian yang eksotis. 

Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter diatas permukaan laut, dan menjadi spot yang menarik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Anda yang hendak mengunjungi gunung ini dan ingin mendapatkan pemandangan terbaik, naiklah sampai ke puncak untuk mendapatkan view poin paling indah. 

Terdapat berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda gunakan ketika berkunjung kesana, misalnya dengan menikmati pemandangan memakai kuda sebagai tunggangan atau naik mobil jeep. Spot foto untuk penggemar fotografi juga ada banyak dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Gunung Semeru
Salah satu film yang turut mempopulerkan gunung ini adalah 5cm, yang menceritakan tentang sekelompok pemuda dan pemudi yang naik gunung. Wisata pegunungan di Jawa Timur ini pun menjadi makin populer secara nasional. 

Puncak gunung ini terletak di Mahameru, yang memiliki beberapa jalur pendakian menuju puncaknya. Keindahan dari gunung ini tidak perlu diragukan, dan menjadi makin menarik dengan treknya yang cukup menantang. Terdapat beberapa tempat peristirahatan yang bisa digunakan sebagai tempat rehat.

Untuk mencapai puncak, waktu yang diperlukan hanya sekitar 3-4 jam saja, dengan melakukan pendakian melalui Ranu Pani, lereng bukit, Ranu Kumbolo, kemudian padang rumput dan cemoro kandang. Dari sana Anda bisa terus naik menuju Kalimati, Arcopodo, kemudian sampai di puncak Mahameru. 

Gunung Ijen
Anda juga bisa mendaki gunung yang terletak tidak jauh dari pusat kota, yakni Gunung Ijen yang terletak di Banyuwangi. Disana Anda bisa menkmati keindahan kawah ijen yang mengeluarkan fenomena menarik, yang hanya bisa ditemukan beberapa di dunia, yakni blue fire atau api biru. 

Untuk melakuan pendakian sampai puncak dan melihat blue fire, Anda memerlukan waktu yang tidak terlalu panjang. Sekitar 2-3 jam saja denga naik mengikuti trek yang ada. pemandangan di wisata pegunungan di Jawa Timur ini juga menarik, sebab flora dan fauna yang ada masih dijaga dengan baik. 

Jika hendak berkunjung ke gunung ini, pastikan Anda tidak datang ketika musim penghujan. Sebab Anda tidak akan bisa menikmati pemandangan blue fire yang menjadi ciri khas dari gunung ini. Jangan lupa untuk menggunakan jaket yang tebal ketika hendak mengunjungi tempat wisata ini. 

Gunung Welirang 
Daerah perbatasan Malang dan Mojokerto tenyata memiliki gunung yang bisa Anda daki, yakni Gunung Welirang. Gunung Welirang cukup tinggi, dengan ketinggian sekitar 3.156 diatas permukaan laut dan memiliki beberapa trek yang bisa diakses sampai puncaknya.
tempat wisata gunung walirang jawa timur

Gunung Welirang memiliki pemandangan yang indah, serta memiliki belerang yang biasa ditemukan di gunung-gunung yang memiliki pergeseran lava yang masih aktif. Kebanyakan penduduk setempat memiliki mata pencaharian sebagai pengumpul batu belerang. 

Jika Anda mengunjugi gunung ini, Anda bisa membeli oleh-oleh belerang yang bisa Anda temukan di bagian bawah jalur masuk. Harga yang ditawarkan untuk pernak-pernik belerang yang dijual cukup terjangkau. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman, dan kawan yang belum berkesempaan mendaki gunug tersebut. 

Gunung Kelud
Wisata pegunungan di Jawa Timur ini juga mudah diakses karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari daerah perkotaan. Letak Gunung Kelud berada di perbatasan kota Malang, Kediri, dengan Blitar. Jika berkunjung ke gunung ini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah, namun juga adanya kawah berwarna toska yang menarik.
ketinggian gunung kelud di jawa timur 1.731

Jika lelah, Anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati pemandian air panas yang dibuka di sekitar gunung tersebut. Ia menambah daya tarik gunung yang masih aktif ini, disamping dengan fasilitas dan trek naik ke puncak yang bisa diakses oleh wisatawan. 

Ketinggian gunung ini sekitar 1.731 meter diatas permukaan laut, namun pemandangan yang di dapatkan sudah cukup bagus. Akses jalan menuju gunung ini jug sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga kendaraan bisa lewat dengan mudah tanpa adanya hambatan yang berarti. 

Gunung Argopuro
Rekomendasi wisata gunung lain di daerah Jawa Timur adalah Gunung Argopuro. Gunung ini memilki ketinggian diatas 3 ribu meter dan puncaknya disebut dengan puncak Rengganis. Jika Anda sudah puas berada di puncak, Anda bisa turun melewati jalur Baderan. Dari sana, jika terus turun Anda bisa melihat padang sabana yang luas bernama Cikasur.
pendakian gunung argopuro di jawa timur

Wisata pegunungan di Jawa Timur ini terletak di Probolinggo dan memiliki satwa hutan yang masih bisa dijumpai oleh wisatawan dan pendaki yang berjalan di trek tertentu. Gunung ini juga memiliki kesan yang angker, karena itu Anda harus menjaga sikap dengan baik ketika berkunjung dan melakukan pendakian di gunung ini. 

Pemandangan yang ada di gunung ini cukup memikat, apalagi dengan flora dan faunanya yang tidak kalah indah dan menarik, juga masih bisa ditemukan secara langsung oleh pendaki. Jika sudah sampai di puncak, Anda bisa mendapatkan view yang tidak kalah indah dengan view di gunung lain. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata pegunungan di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi. Ketika mendaki dan berwisat di gunung, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain