Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tempat Wisata Jawa Timur Terpopuler yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Tempat Wisata Jawa Timur Terpopuler yang Tidak Boleh Anda Lewatkan – Dalam menjalani hidup, tentunya diperlukan suatu keseimbangan. Maka dari itu, setelah lelah bekerja, usahakan Anda memberi reward pada diri Anda sendiri dengan cara berlibur. Selain sebagai bentuk rekreasi, berlibur juga akan membantu pikiran Anda untuk beristirahat sejenak.

Untuk liburan itu sendiri, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, apalagi dalam masa pandemi COVID-19 ini yang mana di seluruh negara pun keadaannya belum aman. Maka sebisa mungkin pergilah berlibur di wilayah Indonesia. Nah, sebagai referensi, Anda bisa melihat terlebih dahulu beberapa tempat wisata Jawa Timur terpopuler berikut ini.

Gunung Bromo
Salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Bromo. Siapa sih yang tidak mengenal Gunung Bromo? Gunung dengan panorama hamparan pasir dan bukit ini memang selalu menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Apalagi pada momen matahari terbit atau matahari terbenam. 

Selain itu, di Gunung Bromo juga disediakan mobil Jeep atau hardtop serta kuda yang bisa Anda sewa untuk menemani Anda berkeliling menikmati indahnya Gunung Bromo ini. Untuk akses ke Gunung Bromo ini sendiri, bisa Anda tempuh dari jalur Probolinggo, Malang, dan juga Pasuruan. 

Goa Gong
Selain di atas pegunungan, Anda juga bisa menikmati indahnya alam Jawa Timur dari bawah tanah, yaitu dengan cara mengunjungi Goa Gong. Goa Gong ini memang menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur terpopuler karena tempat ini termasuk ke dalam goa tercantik di sekitar Asia Tenggara.

Goa Gong ini terkenal akan bentuk stalaktit dan stalakmitnya yang terbentuk seperti panah ke bawah, posisinya pun berjajar rapi seperti dibuat dengan sengaja oleh manusia. Kemudian, apabila stalakmitnya Anda pukul, akan mengeluarkan suara yang menggema ke dalam goa. Tidak hanya itu, dalam Goa Gong ini juga ada beberapa batu yang dianggap keramat karena dipercaya sebagai penunggu goa tersebut.

Air Terjun Tumpak Sewu
Beralih dari destinasi goa, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Jawa Timur terpopuler lainnya yang memberikan suasana yang berbeda, yaitu Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun yang berlokasi di Lumajang ini dinobatkan sebagai salah satu air terjun terbesar di Jawa Timur.

Ketinggian dari Air Terjun Tumpak Sewu ini sendiri dinyatakan sampai 200 meter, sehingga tidak heran apabila aliran airnya sangat deras. Kemudian, apabila Anda mengunjungi destinasi ini di waktu pagi hari, Anda bisa mendapatkan pemandangan adanya pelangi di ujung air terjun. Sangat cantik bukan?

Songa Adventure Rafting
Untuk Anda yang senang akan tantangan, Anda juga bisa mendapatkan suasana liburan yang cukup menantang, yaitu dengan mencoba bermain arung jeram di Songa Adventure Rafting. Salah satu tempat wisata Jawa Timur terpopuler ini berlokasi di Probolinggo, di sini Anda akan bermain arung jeram dengan track sungai berbatu dan juga tikungan yang tajam.

Wana Dander Bojonegoro
Yang selanjutnya ada destinasi wisata Jawa Timur yang menyuguhkan suasana savanna, yaitu di Wana Dander Bojonegoro. Bukan hanya menghadirkan hamparan savanna, tempat ini juga mempunyai kolam pemandian air panas yang bisa dengan bebas dinikmati oleh para pengunjung. Selain itu, di Wana Dander ini juga terdapat hamparan lapangan golf yang luas serta ada juga camping ground yang bisa Anda gunakan baik dengan keluarga maupun teman.

Taman Agro Margomulyo Gunung Kelud
Kemudian selama di Jawa Timur, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata yang menyuguhkan hamparan taman bunga. Yaitu dengan berkunjung ke Taman Agro Margomulyo yang saat ini sedang ramai-ramainya dikunjungi oleh banyak orang. Dari taman ini, Anda bukan hanya disuguhkan pemandangan indah dari bunga, melainkan Anda juga bisa melihat kawah dari Gunung Kelud karena jarak dari puncak gunung tersebut pun tidak jauh.

Pemandian Air Panas Cangar
Apabila Anda sedang mencari tempat pemandian, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi pemandian air panas Cangar yang letaknya berada di atas ketinggian 3000 meter dari permukaan laut. Dengan berendam di sini, dijamin rasa pegal dan lelah yang Anda derita akan segera hilang. Tempat ini juga sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata keluarga.

Gili Labak
Selain Malang dan Surabaya yang menyuguhkan tempat wisata Jawa Timur terpopuler, Madura juga tidak mau kalah untuk memamerkan pesona alamnya yang indah. Salah satunya yaitu Gili Labak, yang mana ini adalah nama dari sebuah pulau kecil dengan pemandangan pantai yang eksotis, bahkan banyak orang yang mengira tempat ini bukanlah di wilayah Jawa Timur.

Untuk mengakses Gili Labak ini, Anda harus menyeberangi lautan terlebih dahulu dengan menggunakan perahu. Dari sana Anda akan disuguhkan pulau kecil yang masih asri dengan banyak pepohonan di dalamnya, lengkap dengan pasir putih di setiap sisinya. Karena keindahannya ini banyak orang yang mengatakan Gili Labak ini mirip seperti Gili Trawangan yang berada di Lombok. 

Jawa Timur Park
Selain terkenal akan wisata alamnya, Jawa Timur juga menyajikan tempat wisata buatan yang tidak kalah populernya, yaitu Jatim Park. Tempat wisata yang satu bisa dibilang merupakan salah satu ikon dari Kota Batu, Malang. Jadi apabila Anda sedang berkunjung ke Kota Batu, jangan sampai lewatkan tempat wisata yang satu ini ya.

Kawasan Jatim Park ini dibagi lagi menjadi 2, yaitu ada Jatim Park I dan Jatim Park II. Pembagian ini didasarkan atas jenis permainan yang diusungnya, yang mana Jatim Park I ini merupakan kumpulan wahana permainan yang mengguncang adrenalin, seperti roller coaster, rumah hantu, tornado, pendulum, dan yang lainnya.

Sedangkan, pada Jatim Park II diisi dengan wahana seputar fauna atau dunia binatang, mulai dari zaman pra sejarah sampai zaman modern semuanya terrangkum lengkap di Jatim Park II. Kemudian, di Jatim Park II ini juga ada Dino Zoo dengan menggunakan konsep fun tech, seperti Jurrasic Park yang ada di luar negeri.

Nah itulah dia beberapa tempat wisata Jawa Timur terpopuler yang bisa Anda coba kunjungi ketika Anda sedang bepergian ke wilayah Jawa Timur. Selamat mencoba!
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain