Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Kuliner Khas Manadao Yang Unik Wajib Diketahui Sebelum Membeli

9 Kuliner Unik Manado Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli.- Sektor kuliner saat ini menjadi salah satu sektor yang banyak digarap oleh pemerintah daerah untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke daerahnya. Masing-masing daerah memiliki kekhasan kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri. Wisata kuliner merupakan salah satu jenis wisata yang selalu memiliki penggemar, bahkan ada orang yang memiliki hobi wisata kuliner. 

Setiap daerah memiliki keunikan dan daya tarik kuliner yang beragam. Keunikan dan kekhasan kuliner inilah yang banyak ditawarkan kepada wisatawan. Selain itu, seringkali kuliner menjadi semacam identitas bagi suatu daerah. Manado merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan beragam kuliner unik bahkan bisa dibilang ekstrim.

Inilah 9 Kuliner Unik Manado Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Bagi orang-orang yang berasal dari luar daerah Manado dan belum terlalu mengetahui jenis-jenis makanan unik di Manado, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu. Hal ini sangat perlu dilakukan karena ada beberapa jenis makanan unik Manado yang masuk dalam kategori non halal. Sayang kan kalau sudah membeli dan ternyata tidak bisa mengkonsumsi. Apa saja kuliner unik Manado yang perlu diketahui? 

Bubur Tibutuan
Bubur tinutuan merupakan salah satu makanan khas Manado yang wajib dicoba. Tinutuan merupakan salah satu jenis makanan berbentuk bubur yang terbuat dari beras, sayuran, dan umbi-umbian.  Makanan ini cocok dikonsumsi oleh siapapun karena tidak menggunakan daging dalam pembuatannya. Makanan ini biasa disajikan sebagai makan pagi atau sarapan. Meski demikian kini tinutuan bisa mudah ditemukan di restoran-restoran di Manado tidak hanya saat makan pagi. 

Paniki 
Kuliner unik Manado yang wajib diketahui namun tidak wajib dicoba adalah paniki. Makanan ini merupakan olahan daging kelelawar yang dimasak dengan aneka macam bumbu. Kelelawar yang dimasak haruslah jenis kelelawar pemakan buah atau biasa disebut kalong. Kelewawar ini kaya akan protein dan juga mengandung kitotefin. Kitotefin merupakan suatu zat yang mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit paru-paru.

Woku Belanga
Belanga merupakan istilah lain dari panci. Woku belanga secara harafiah bisa diartikan sebagai makanan atau masakan yang diolah di dalam panci. Woku dibuat dari berbagai bahan antara lain cabai rawit, daun bawang, tomat, daun kemangi, serai, jahe, kemiri, kunyit, daun jeruk, dan anek bahan lain yang dimasak dalam belanga. 

Woku ini biasanya digunakan sebagai pelengkap atau bumbu untuk memasak ikan, daging ayam, ataupun daging sapi. Woku memberikan sensasi rasa yang lezat dengan paduan pedas dan gurih. Saat ini semakin banyak kreasi makanan yang memanfaatkan kelezatan bumbu woku. Nasi goreng dan nasi bakar bumbu woku merupakan contoh sederhana dari kreasi bumbu woku sebagai kuliner unik Manado.

Sate Tikus
Seperti halnya paniki, sate tikus merupakan kuliner Manado yang terbilang ekstrim. Janggan dibayangkan bahwa tikut yang dimasak adalah jenis tikus yang suka berkeliaran di rumah. Tikus yang dimanfaatkan sebagai sate adalah jenis tikus yang hanya memakan tumbuhan. Jenis tikus ini hanya ada di hutan dan memiliki ciri khas warna putih pada ekornya.

Sebelum dibakar menjadi sate, tikus akan dibersihkan terlebih dahulu. Aneka macam bumbu dan kuah santan yang kental akan melengkapi sajian sate tikus. Sate tikus sebagai icon kuliner unik Manado kini banyak dijajakan di pasar-pasar. Ekor putih yang menjadi ciri khas tikus ini tidak akan dihilangkan ketika dijajakan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara agar pembeli percaya bahwa yang dijajakan adalah benar jenis tikus hutan. 

Cakalang Fufu
Bagi pecinta olahan laut, cakalang fufu ini menjadi salah satu jenis kuliner yang wajib untuk dicoba. Cakalang fufu dibuat dari ikan cakalang atau ikan kakap putih yang masih segar dan pengolahannya dengan cara diasap. Ikan cakalang yang telah diasap ini mampu bertahan dalam suhu ruang selama satu bulan. Hal inilah yang menjadikan cakalang fufu banyak dipilih sebagai oleh-oleh bagi mereka yang berkunjung ke Manado.

Manado memiliki banyak sekali jenis makanan dan minuman khas yang sangat layak untuk dicoba. Selain lima jenis makanan tersebut di atas, masih banyak jenis makanan lain yang tidak kalah uniknya. Berikut ini adalah empat jenis kuliner unik Manado yang juga wajib dicoba saat mengunjungi Manado atau bersantap di restoran Manado.

- Sambal roa
- Dabu-dabu
- Es Breneboon atau es kacang merah
- Gohu

Demikianlah 9 jenis kuliner unik Manado yang wajib untuk diketahui sebelum membelinya. Mengenali, menikmati, dan melestarikan ragam kuliner unik daerah merupakan salah satu cara mencintai kekayaan nusantara. Temukan dan nikmati kuliner unik dari setiap daerah yang dikunjungi. Selamat berwisata kuliner.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain