Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Usaha Pangkas Rambut

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Usaha Pangkas Rambut. Tidak hanya wanita, priapun perlu merawat rambut mereka agar berpenampilan lebih menarik. Setidaknya, butuh satu bulan sekali untuk para pria memangkas rambut mereka. Karena unsur inilah, maka banyak sekali orang untuk membuka usaha barbershop atau yang lebih kita kenal dengan pangkas rambut.
Cara sukses menjalankan usaha barbershop atau pangkas rambut

Bukan hanya karena kebutuhan pangkas rambut, namun juga kebutuhan akan fashion yang menjadi syarat kerapihan penampilan seorang pria. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, simak dulu tips sukses menjalankan bisnis barbershop atau usaha pangkas rambut berikut ini:

Mencari Barber Terbaik
Barber atau tukang cukur memiliki peran yang sangat penting dalam usaha ini. Bahkan kepuasan seorang pelanggan juga terpengaruh dari peran barber itu sendiri. Maka dari itu carilah barber yang sudah profesional, sudah berpengalaman dalam urusan pangkas rambut. Tidak hanya teknis, para barber juga harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, mulai dari sikap yang ramah, sopan dan berkarakter, sehingga pelangganpun merasa puas. Dengan begitu mereka akan kembali lagi ketempat kita bahkan dapat merekomendasikan tempat kita ke teman-temannya.

Menawarkan Pelayanan Yang Berbeda
Untuk memulai bisnis memang diperlukan inovasi agar terlihat berbeda dengan yang lainnya. Dalam dunia bisnis hal ini bertujuan untuk menyedot perhatian para pelanggan agar mau merasakan produk kita. Begitupun dalam bidang jasa pangkas rambut.

Tidak ada salahnya juga jika Anda menawarkan pelayanan lainnya seperti cukur jenggot, pijat, pewarnaan rambut dan lain sebagainya. Jika perlu Anda tawarkan harga paket agar pelanggan merasa memperoleh harga lebih murah dibandingkan harus membayar layanan satuan.

Berikan Promo Yang Menarik
Ketika launching perdana, Anda dapat memberikan beberapa promo menarik agar pelanggan mau datang ke barbershop kita. Salah satunya dengan memberikan diskon 20% pangkas rambut untuk 100 orang pertama, dan lain sebagainya. Selain itu buatlah sistem yang menarik juga, seperti booking H-1 sebelum kedatangan. Hal ini untuk memudahkan pelanggan agar tidka perlu mengantri saat ingin memangkas rambut.

Lengkapi Fasilitas Barbershop
Kenyamanan pelanggan merupakan hal utama yang perlu diprioritaskan. Untuk itu cobalah untuk membuat ruangan baeber senyaman mungkin. Diantaranya pemilihan kursi baik kursi untuk mencukur rambut, hingga kursi untuk menunggu agar memilih yang empuk agar pelanggan merasa nyaman. 

Lengkapi pula barbershop Anda dengan beberapa fasilitas lainnya seperti AC, air mineral gratis, Wifi gratis dan lain sebagainya. Dengan fasilitas yang lengkap pelanggan juga tidak akan bosan berlama-lama disana.

Up To Date Dengan Tren gaya Rambut
Hal inilah yang membedakan antara barbershop dengan pangkas rambut biasa. Seorang barber dituntut untuk selalu mengetahui tren gaya rambut terbaru. Anda dapat melihat informasi di berbagai media seperti internet yang paling mudah.

Tentukan Lokasi Barbershop
Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan ketika akan membuka usaha. Lokasi menjadi penentu suksesnya bisnis Anda. Tidak hanya itu lokasi juga berkaitan dengan target pemasaran Anda. Misalnya jika target Anda mahasiswa atau pelajar, bisa memilih lokasi dikawasan universitas, atau dekat kos-kosan yang banyak ditinggali oleh mahasiswa.  Pilihlah lokasi tempat yang strategis, mudah dijangkau dari manapun. Selain itu pilih juga kawasan yang ramai orang berlalu lalang, seperti diperkotaan, pinggir jalan dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih target pasarnya lebih umum, bisa memilih tempat umum seperti dekat pasar, atau dekat rumah penduduk yang ramai. Anda bisa memulainya dengan menyewa tempat. Tentukan target penghasilan agar harga sewa tidak membebani Anda.

Siapkan Biaya Operasional
Tidak bisa dipungkiri, biaya operasional akan tetap kita keluarkan. Maka agar operasional kita tetap berjalan, Anda perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk dicadangkan. Tidak perlu banyak, bisa menyisihkan 10% dari penghasilan juga sudah lumayan banyak jika dikalkulasikan selama satu bulan. Biaya operasional yang biasanya harus dibayarkan diantaranya bayar listrik, beli sabun, air dan fasilitas yang lainnya. 

Membeli Peralatan Pangkas Rambut
Sama halnya dengan orang bertani, atau berkebun. Pastinya membutuhkan alat agar pekerjaan dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Begitupun dengan tukang cukur, Anda membutuhkan alat gunting dan sisir. Maka persiapkan modal untuk membeli peralatan pangkas rambut.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk seorang barberdshop diantaranya, mesin cukur, sisir rambut, gunting rambut, gunting sasak, pisau cukur, handuk kecil, kain penutup badan, botol semprot, jepit kecil dan besar, mangkok sabun, dan sikat bulu. Semuanya memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Anda perlu lebih jeli dalam hal ini, pilihlah produk alat yang murah namun memiliki kualitas baik.

Pertimbangkan Modal Promosi
Diawal membuka usaha tentunya membutuhkan marketing yang bagus agar para pelanggan tertarik dengan jasa kita. Lalu bagaimana cara melakukan promosi yang baik? Kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang ini. Seperti yang kita tahu, orang Indonesia lebih banyak menggunakan media sosial untuk berbisnis. Kenapa kita tidak? Anda dapat mempromosikan usaha Anda lewat Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Ajak mereka untuk mengunjungi tempat Anda, gunakan bahasa yang nyaman dan mudah diterima oleh mereka. Untuk masalah biaya, promo di media sosial tentunya yang paling murah, Anda hanya perlu mengeluarkan modal handphone juga kuota saja. Cukup murah bukan?

Analisa Keuntungan Usaha 
Setelah berbicara mengenai modal, ya selain modal peralatan, modal sewa bangunan juga perlu diperhitungkan. Anda juga perlu menganalisa keuntungan barbershopnya. Caranya dengan menghitung pelanggan yang datang setiap harinya.

Jika setiap hari Anda mampu melayani 20 pelanggan dengan tarif yang standar misalnya 15.000 rupiah. Maka dalam sehari Anda dapat memiliki penghasilan sebesar 300.000 rupiah. Jika dikalikan satu bulan sudah 9.000.000 rupiah, dipotong biaya operasional 10%, maka keuntungan Anda sudah sangat besar. 

Hal ini tentunya dapat Anda peroleh jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Harus serius dalam menjalankan usaha, memang diawal akan sulit namun jika dijalani dnegan tekun seiring berjalannya waktu akan terasa lebih mudah. Anda hanya perlu yakin saja.

Itulah beberapa tips sukses menjalankan usaha barbershop atau usaha pangkas rambut. Dengan memperhatikan tips  diatas, diharapkan dapat memotivasi Anda untuk menjalankan usaha barbershop dengan baik.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain