Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Miliki Bisnis Tanpa Modal Atau Dengan Modal Yang Kecil

Tips Miliki Bisnis Tanpa Modal ! setiap orang pasti memiliki jiwa untuk berbisnis, sebab pada kenyataannya lapangan kerja semakin hari kian menyempit. Akhirnya banyak orang yang memutar otak untuk berbisnis, karena dengan begitu jumlah pengangguran akan semakin berkurang. Artikel kali ini akan membahas tips untuk memulai bisnis tanpa modal atau dengan modal yang kecil. Berikut penjelasannya.

Mulailah Dari Apa Yang Anda Miliki

Berbisnis tidak selalu perihal modal besar, ataupun keahlian tertentu, namun memulai dari apa yang ada disekitar Anda itulah bisnis. Hal kecil yang sering kali Anda lewatkan adalah bisnis tanpa modal, apa itu bisnis tanpa modal ? bisnis yang dilakukan dengan menjual dan memasarkan benda atau barang yang dimiliki. Sudah banyak sekali bisnis seperti prelove yang dilakukan anak muda, biasanya penjual akan menjajakan barang yang dimilikinya dengan harga lebih murah. 

Lihat Potensi Dan Skill Diri Anda

Hal berikutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan melihat seperti apa potensi diri yang dimiliki, bidang apa yang Anda kuasai dan bagaimana minat yang ingin Anda tekuni. Tentu saja beberapa hal tersebut perlu dipertimbangkan kembali, untuk urusan modal itu hal kesekian yang perlu diperhatikan. Basic skill merupakan salah satu yang dapat dijadikan bekal bagi Anda pemula bisnis. Tanpa modal sepeserpun Anda dapat memulai sebuah bisnis, tapi sudah berbekal keahlian dan peralatan kecil penunjang lain.

Jangan Pergi Dari Apa Yang Sedang Anda Jalani

Bisnis tanpa modal, perlu adanya ketekunan sehingga apa yang sedang Anda jalani saat ini jangan sampai d sia-sia kan. Nikmati setiap proses yang sedang dilalui, bertahanlah pada pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini. Karena memutuskan berhenti dari pekerjaan yang sedang Anda jalani sebelumnya merupakan pilihan yang salah. Walaupun pepatah bilang jika pembisnis sukses tidak takut gagal, tapi mencoba mundur dari apa yang sedang dijalani bukanlah jalan keluar.

Harus Rela Susah Payah

Tidak ada sesuatu yang instan, itulah peribahasa yang harus Anda camkan. Didunia ini tidak ada sesuatu yang bisa datang begitu saja, begitu pun kekayaan. Harus ada usaha yang lebih untuk bisa menjadi seorang yang kaya raya, jika Anda memang berhati besar ingin memulai sebuah usaha apalagi tanpa modal itu harus mau susah payah dahulu. Karena memang dari jenisnya saja sudah terlihat jika bisnis ini kecil tanpa modal, tapi tetap harus ditekuni. 

Otomatis jika Anda memulai bisnis tanpa modal, tentu saja persaingannya akan lebih ketat. Anda tetap harus bisa memanage sebuah keuangan dan pemasaran. Jadi, untuk menghemat biaya yang dikeluarkan harus pintar dalam mencari barang jual atau harga modal yang ringan. Karena tanpa adanya modal tadi, Anda juga harus rela melakukan apapun itu sendirian, mulai dari menentukan barang jual, packing atau usaha lain. Karena jika Anda memiliki karyawan tandanya Anda harus mengeluarkan modal untuk menggaji.

Cobalah Mulai Dengan Platform Online 

Ditengah teknologi yang semakin canggih media online hadir untuk memberikan banyak kemudahan salah satunya berbisnis. Tidak usah susah payah atau menghitung budget kendaraan atau uang bensin, ataupun menyewa tempat atau lapak dagang. Tetapi cukup potret barang yang ingin Anda jual dan pajang barang tersebut di platform online yang sudah disesuaikan. Sudah ada juga e-commerce yang menampung banyak UKM (Usaha Mikro Menengah) yang memang tanpa modal.

Keuntungan yang akan Anda peroleh ketika berbisnis dengan platform online yaitu, menghemat biaya pengeluaran karena tidak perlu toko. Kemudian brosur juga disebarkan secara online, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana print dan menghabiskan waktu untuk memasarkan. Bisnis yang dijalani bisa buka 24 jam, karena sistem nya yang online dan Anda sendiri yang jalani, maka usaha tersebut Anda sendiri yang mengaturnya. Selain itu, Anda juga bisa menjajal banyak bisnis baru, karena bisnis tanpa modal bisa dilakukan secara online.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda coba jalani untuk memulai bisnis kecil-kecilan tanpa modal tentunya. Anda hanya harus mampu untuk bersaing dan pintar dalam melihat berbagai peluang. 
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain