Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tempat Wisata Di Palembang Sumatera Selatan Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Cindriyanto.com -7 Tempat Wisata Di Palembang Sumatera Selatan Yang selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan Kota Palembang sebuah kota dari provinsi Sumatera Selatan, kota ini dikenal juga dengan nama "Bumi Seriwijaya" kota palembang merupakan kota terbesar kedua yang ada di pulau sumatera setelah Medan.

Menjadi kota terbesar kedua di pulau sumatera, palembang dianugrahi memiliki banyak tempat wisata menarik, yang wajib untuk di kunjungi, mulai dari Wisata Kuliner, Wisata Religi, Wisata Alam, Wisata Bersejarah dan masih banyak jenis wisata yang lainnya.

Bumi Seriwijaya tidak hanya di kenal dengan makanan khas pempek palembang saja, dimana pempek palembang juga tidak perlu diragukan lagi ketenaran dan kelezatannya. Selain itu Palembang juga dikenal dengan adanya jembatan ampera. Kepopuleran pempek dan jembatan ampera, kedua ini telah menjadi ikon tersendiri dari kota tersebut.

Namun tidak hanya itu saja yang terkenal di kota palembang, sumatera selatan. Nah Jika kamu sudah berencana ingin berkunjung ke kota palembang, kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata menarik yang dapat kamu kunjungi, baik bersama sahabat ataupun bersama keluarga.

1. Jembatan Ampera Dan Sungai Musi
Tempat pertama yang bisa untuk kamu kunjungi ketika ke kota palembang adalah jembatan ampera dan sungai musi, karena tidak apdol rasanya ketika tidak berkunjung kesini, dimana jembatan ampera telah menjadi salah satu ikon kota palembang

Sama halnya ketika kita berkunjung ke negara luar seperti singapura misalnya, jika kita tidak berkunjung ke patung singanya maka bisa dikatakan belum berkunjung. Jembatan ampera yang terbentang di atas sungai musi memiliki panjang sekitar 1.177 meter dengan lebar 22 meter.

Jembatan ampera akan terlihat lebih indah ketika malam hari, karena di penuhi banyak lampu, nah tidak jauh dari jembatan ampera kamu bisa berburu sovenir khas palembang untuk oleh2 dan mencicipi pempek. Jangan lupa untuk foto-foto dengan backgroud jembatan ampera.

2. Wisata Religi Al-Quran Raksasa
Jangan heran jika kamu sedang berkunjung ke kota palembang banyak menemukan tempat wisata yang bernuansa religi. Namun jangan lupa untuk berkunjung ke museum Al-Quran Al-akbar biasa dikenal dengan museum Al-Quran Raksasa, dimana proses pembuatannya yang menghabiskan waktu selama 7 tahun.

Museum Al-Quran Raksasa ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara, pahatan ayat suci Al-Quran di atas permukaan kayu dengan ketinggian 177 cm dan lebar 140 cm serta memiliki ketebalan 2,5 cm membuat siapa saja yang berkunjung ke museum ini takjub.

3. Palembang Bird Park
Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga, yaitu Palembang Bird Park. Di tempat wisata ini kamu bebas berinteraksi dengan sekitar 2000 burung dari puluhan jenis burung/spesies termasuk juga beberapa jenis burung yang dilindungi. Sejak di buka untuk umum pada tahun 2015 pengunjung Palembang Bird Park selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Meski dinamakan Palembang Bird Park, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan jenis hewan lainnya, disini kamu juga bisa menemukannya dan berinteraksi seperti dengan hewan monyet, berang-berang, rusa, kuda poni, lumba-lumba, ular pithon, kelinci, marmut, iguana dan masih terdapat beberapa jenis spesies lainnya, Penasaran mau kesini jangan sampai dilewatkan ya.

4. Pulau Kamaro
Tempat wisata yang sedang hits di kalangan wisatawan belakangan ini yaitu Pulau Kamaro, berada tidak jauh dari jembatan ampera, terletak berjarak sekitar 6 KM. tempat ini selalu ramai dari pengunjung, terdapat banyak sport menarik untuk menambah koleksi foto menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Tidak hanya itu daya tarik lain bagi wisatawan adalah, adanya bukti sejarah bahwa budaya tionghoa pernah tumbuh dan berkembang disini, bukti lain dengan adanya patung Dewa Rezeki, Pagoda 9 Lantai, dan adanya klenteng atau kuil yang masih aktif digunakan oleh masyarakat hingga saat ini.

5. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Berwisata ke suatu tempat sambil mengenal sejarah merupakan suatu hal yang menyenangkan, selain menyenangkan kita juga mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah, nah jika kamu berencana untuk berkunjung ke palembang. museum bersejarah Sultan Mahmud Badaruddin II ini jangan sampai kamu lewatkan. disini kamu akan menemukan berbagai macam peninggalan kerajaan palembang.

Tepatnya Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berada di jalan Sultan Mahmud Badaruddin II No. 2 Kelurahan 19 ilir, Kecamatan Ilir Barat 1. Atau 104 45' 40'' BT dan 02 59' 25'' LS. Disini terdapat 669 buah koleksi bersejarah, mulai dari Arkiologi, Biologi, keramik, Etnografi, Seni Rupa dan Numismatik. Lainnya terdapat arca-arca kuno seperti Amarawati, Ganesha dan Udha. Serta koin peninggalan kesultanan palembang dari tahun 1023-1253 Hijrah.

6. Taman Kembang Iwak
Keberadaan taman kembang iwak sudah di kenal sejak lama, berdasarkan cerita taman kembang iwak merupakan peninggalan pada masa penjajahan belanda. Taman ini dibuat dan di peruntukkan para keluarga kerajaan belanda yang di gunakan sebagai tempat olahraga dan tempat rekreasi para keturunan belanda yang tinggal di seputaran taman.

Seiring perkembangan zaman tempat ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan. Tempatnya yang sejuk dan luas dimana taman yang berada di tengah-tengan kota ini di tengah taman terdapat kolam sepanjang 800 meter, keberadaan kolam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap yang berkunjung.

Taman kembang iwak juga terdapat berbagai fasilitas seperti taman bermain anak, akses internet geratis, tempat bersantai dll. Banyak masyarakat sekitar memanfaatkan taman ini untuk tempat olahraga di pagi hari. Pada saat malam hari juga tidak kalah indah, karena kamu bisa melihat air mancur dengan bebagai warna tentu sangat indah.

7. Bukit Siguntang
Bukit siguntang wisata alam yang bernuansa pegunungan, bukit siguntang yang memiliki ketinggian 29-30 meter di atas permukaan laut menjadikan tempat ini sebagai kawasan tertinggi di kota palembang, suasana alam dengan bukitan hijau akan sangat terasa kesegarannya dan kesejukan. ketika berada disini, bukit siguntang kamu akan dibuat betah untuk berlama-lama.

Kawasan bukit siguntang juga menjadi salah satu destinasi wisata sejarah terutama mengenai sejarah kerajaan sriwijaya yang pernah menjadi pusat kegiatan agama buddha di nusantara. Di bukit siguntang terdapat juga makam tokoh kerajaan palembang.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan jika berkunjung disini selain menikmati keindahan bukit siguntang, kamu juga bisa melakukan ziarah di makam-makam bangsawan pada zaman dulu, bangsawan-bangsawan yang ada disini merupakan pendiri kota palembang. Tepatnya bukit siguntang berada di bukit lama, kecamatan ilir barat.