Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cindri yanto -7 Cara menurunkan berat badan secara alami. Semua orang pasti menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dengan berat badan yang ideal juga tentunya, Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi semua orang, baik pria maupun wanita.

Terutama bagi perempuan yang ingin selalu tampil cantik di depan suami dan lingkungannya. Sekarang semakin banyak yang menginginkan berat badan yang ideal, mulai dari yang muda hingga yang tuapun masih menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal.

Bagi sebagian orang anak muda yang memiliki berat badan di atas normal biasanya kurang percaya diri untuk tampil di depan umum, apalagi jika jalan bersama pasangan yang memiliki berat badan yang ideal. Hemm mungkin lebih gak percaya diri lagi ya gaes.

Banyak di antara mereka yang memiliki berat badan di atas normal tersebut, mulai berusaha mencari cara, bagaimana caranya untuk cepat kurus. Namun tidak jarang dari mereka dengan menggunakan cara instan, yang tanpa di sadari justru dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Cara instan yang biasanya banyak di lakukan untuk menurunkan berat badan seperti, mengkonsumsi obat pelangsing berbahan kimia, pergi ke dokter untuk sedot lemak dan melakukan diet dengan cara menyiksa diri sendiri.

Ternyata untuk dapat memiliki berat badan yang ideal dapat di lakukan dengan cara yang alami, tanpa harus menyiksa diri. Berikut ini akan saya bagikan caranya, cara ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

7 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami

1. Batasi Asupan Makanan
Kamu bisa mengurangi jadwal makanan kamu, yang biasanya 3-4 kali dalam sehari dengan cara mengubah jadwal makan. Jika kamu biasa makan 3 kali dalam 1 hari, dimulai dari jam 7 pagi ubah menjadi 2 kali dalam sehari dimulai dari jam 10 atau 11 pagi, dengan cara tersebut tanpa kamu sadari kamu tidak akan merasa kelaparan.

Untuk cara lain kamu bisa mengurangi ukuran pada piring makananmu yang biasa di gunakan untuk konsumsi makanan setiap hari. cara ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan kamu. Dengan cara mengurangi ukuran piring tanpa disadari kamu telah mengurangi porsi makanan kamu, pada biasanya. kegagalan dalam program menurunkan berat terjadi karena kamu tidak bisa menahan nafsu ketika melihat makanan.

2. Kurangi Waktu Tidur
Tidak cukup jika hanya mengurangi porsi makanan, maka untuk cara berikutnya dengan cara mengurangi waktu tidur, terutama pada waktu tidur siang kamu, cobalah untuk mencari aktivitas agar waktu tidur siang kamu terlewati, tanpa disadari sering begadang tengah malam juga bisa membuat kamu kurus lho, kamu lebih memilih cara yang mana, begadang di waktu malam atau mengurangi waktu tidur terutama tidur siang, atau juga memilih dua-duanya. Tetapi perhatikan juga kurang tidur dapat memahayakan kesehatan.

3. Hindari Makan Malam
Cara menurunkan berat badan secara alami berikutnya adalah dengan cara menghindari untuk tidak makan pada malam hari. Dikarena pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas, sehingga yang di butuhkan tubuh, hanyalah asupan energi dan gula dengan jumlah yang kecil.

Untuk cara lain kamu bisa mengatur pola makan malam kamu dengan cara memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah buahan, dan hindari juga makanan yang mengandung minyak. Serta hindari Makan pada saat menjelang waktu tidur 2-3 jam sebelum tidur, dikarenakan mengakibatkan tubuh jadi gemuk dan perut buncit.

4. Makanan Berserat
Cara lain untuk menurunkan berat badan secara singkat dan alami adalah dengan cara perbanyak makan, makanan yang berserat. Mengkonsumsi makanan serat dapat membantu kamu merasa cepat kenyang dalam jangka yang lebih lama.

Selain itu juga mengkonsumsi makanan serat dapat membantu menyingkirkan lemak dalam tubuh, melalui sistem pencernaan. Sehingga lemak yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Salah satu duantaranya makanan yang kaya serat adalah seperti, kacang lentik, sayuran, kentang dan kacang kedelai.

5. Makan Menggunakan Sendok
Cara lain untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara makan menggunan sendok, seperti yang di kutip dari merdeka.com bahwa makan dengan menggunakan sendok, terjadi proses mekanis, sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan pada makanan dibandingkan jika menggunakan tangan secara langsung.

Menurut ajaran india kuno, jika kita makan tanpa menggunakan alat bantu sendok dan menggunakan tangan secara langsung, bahwa menurut ajaran mereka jari tangan kita memiliki elemen penting dalam hidup yaitu, api, udara, langit, tanah dan air. Jika elemen tersebut bekerja sama pada makanan, maka akan tercipta energi positif yang terjadi pada makanan yang kamu konsumsi.

6. Mengkonsumsi Air Putih
Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan cara perbanyak konsumsi air putih, cara diet seperti ini biasanya juga banyak di lakukan oleh para atlit-atlit olahraga, dalam mempertahankan berat badannya.

Banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari, dikarenakan memperbanyak mengkonsumsi air putih dapat mengurangi dehidrasi serta efektif dalam menurunkan berat badan.

7. Olahraga
Cara ini juga sangat efektif dengan memberbanyak olahraga dan aktivitas fisik. Karena makanan yang kita konsumsi mengandung sejumlah kalori, jika tidak di bakar dengan memperbanyak aktivitas dan olahraga maka kalori tersebut akan menumpuk dan menjadi lemak.

Semakin banyak aktivitas dan olahraga yang kamu lakukan maka akan semakin banyak juga jumlah kalori yang akan terbakar, dan akan semakin cepat juga dalam menurunkan berat badanmu. Banyak aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan seperti berlari, senam, mengangkat beban dan lain sebagainya.

Semoga setelah membaca artikel ini kegelisahan kamu mengenai berat badan bisa terselesaikan setelah mengikuti saran serta menerapkan tips /cara di atas yaitu menurunkan berat badan secara alami.