Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mudah Memasang Widget Akun Instagram Di Blog

Cindri yanto - 4 Cara memasang widget instagram di blog blogspot. Blogger dan instagram siapa yang tidak tahu dengan dua platform media sosial yang sangat populer ini, kepopulerannya tidak hanya terjadi di indonesia saja, namum hampir di setiap negara di belahan dunia. Berbicara mengenai instagram, mungkin sudah banyak yang tahu mengenai aplikasi instagram, aplikasi media sosial untuk berbagi video dan foto.

Instagram menjadi sangat populer dan banyak di gandrungi oleh semua kalangan usia dan propesi, mulai dari usia belia dewasa hingga yang berumur bisa memiliki akun instagram, dan yang berpropesi sebagai politikus, selebritis. Serta masyarakat biasa pun tidak mau kalah untuk menikmati aplikasi instagram. Kini kegunaan instagram tidak hanya di gunakan untuk berbagi foto dan video pribadi saja. Namun juga sudah merambah menjadi mata pencaharian.

Kegunaan instagram tidak hanya di jadikan sebagai eksistensi diri sendiri, yang berisi foto dan video pribadi, namun juga berisi endorse dari produk yang di kirimkan ke pemilik akun. Untuk bisa endorse produk, tentunya pemilik akun harus memiliki beberapa syarat dan ketentuan, salah satunya kita harus memiliki jumlah follower yang banyak.

Salah satu cara yang biasa di gunakan para blogger untuk meningkatkan jumlah follower pada akun instagram mereka. mereka akan memasang akun instagram di blog pribadi mereka, baik di pasang di footer atas blog. atau footer bawah, maupun di sidebar kiri dan kanan blog.

Untuk memasang akun instagram di blog sendiri, bisa di lakukan dengan berbagai cara, dan tentunya menggunakan situs pihak ketiga, berikut saya akan jelaskan beberapa caranya.

Kamu bisa kunjungi beberapa situs berikut ini melalui browser, operamini, chrome, mozilla dan lain sebagainya yang kamu punya baik di smartphone android kamu atau di leptop kamu.

1. www.instawidget.net
Dengan menggunakan situs www.instawidget.net kamu bisa memasang profil instagram di blog kamu, kelebihan dari situs ini kita tidak perlu login terlebih dulu, cara penggunaannyapun cukup mudah, kamu cukup klik tombol "MAKE IMMEDIATELY".
Maka kamu akan di arahkan ke halaman berikutnya seperti pada gambar di atas, disana kamu akan diminta untuk mengisi beberapa kolom yang telah di sediakan, mulai dari nama akun instagram kamu, hashtag, ukuran yang akan di tampilkan di blog, dan lain lainnya, jika semua sudah di atur selanjutnya klik preview, maka kamu akan mendapatkan kode embed instagram.

2. www.snapwidget.com
Berbeda dengan situs sebelumnya seperti instawidget, pada situs ini kamu bisa memilih beberapa tampilan widget mulai dari yang berbentuk, popup, grid, slideshow, scrolling. Selain itu juga pada situs snapwidget tidak hanya menyediakna kode embed untuk instagram saja, tapi kita juga bisa embed akun media sosial lainnya seperti, facebook dan twitter.

Nah untuk dapat menggunakna situs ini terlebih dahulu kita harus daftar dan login terlebih dulu. Jika kamu bingung saat mendaftar menggunakan email, sebaiknya daftar menggunakan facebook saja akan lebih mudah.
Setelah kamu masuk maka akan tampil halaman berikutnya dimana pada halaman tersebut derdapat beberapa macam tampilan widget, kamu bisa memilih tampilan seperti apa yang ingin kamu gunakan lalu klik "CREATE YOUR FREE WIDGET" setelah itu kamu akan diminta untuk masuk ke akun instagram kamu, halamannya akan tampil seperti pada gambar di atas, jika sudah klik "GET WIDGET"

3. www.lightwidget.com
Pada situs lightwigdet ini tidak jauh berbeda dengan snapwidget yang sebelumnya, lightwidget terdapat beberapa model tampilan widget juga. Seperti Grid, Slideshow, dan Columns.

Untuk dapat bisa menggunakan situs ini kamu cukup masuk menggunakan akun instagram kamu, setelah masuk disana kamu bisa mengatur model tampilan widget, jumlah foto yang ingin di tampilkan, format foto dan lain-lain. Jika sudah klik "GET CODE" maka akan tampil kode embed nya, tinggal kamu copy.

4. Untuk cara yang ke empat ini hanya menampilkan satu foto atau video yang sebelumnya sudah kamu aploud di akun instagram kamu. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menyisipkan foto instagram di tengah-tengah postingan, dengan menggunakan kode.

Untuk cara mengambil kodenya, masuk ke akun instagram kamu terlebih dulu menggunakan chrome, mozilla, atau operamini dll. Lalu pilih foto/video yang ingin di tampilkan berikutnya klik Ikon Titik Tiga di Pojok Kanan atas, maka akan tampil tulisan sematkan atau sisipkan, klik maka akan tampil pop up baru berupa kode embed foto, jika kamu tidak ingin menampilkan caption yang sebelumnya kamu tulis di tampilkan di blog kamu maka hilangkan centang nya.

Nah sekarang kita masuk ke tahap cara untuk menggunakannya di blog, setelah kamu tentukan model tampilan yang ingin kamu pasang di blog dan kode embed widget instagram telah kamu copy. Berikut Caranya :

1. Silahkan kunjungi blogger.com lalu klik tata letak.
2. Disana kamu bisa memilih widget instagram akan di tampilkan dimana, jika sudah di tentukan klik tambahkan widget.
3. Berikutnya pilih tambahkan java script klik ikon + lalu pastekan kode embed widget instagram yang telah di copy tadi dan klik simpan.

Nah sekarang widget instagram kamu sudah tampil di blog, cara ini bisa untuk kamu coba di blog kamu untuk menambah jumlah follower instagram. Selain ringan dan tidak membuat blog jadi berat, cara memasangnya juga mudah. Selamat mencoba.