Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Makanan Khas Berasal Dari Daerah Sumatera Utara

Kenali Kelezatan Masakan dari Makanan Khas Sumatera Utara – Tak hanya menampilkan wisata alam yang luar biasa, di Sumatera Utara pun menyuguhkan makanan khas yang sangat enak di lidah. Apalagi, di Medan sebagai ibukota dari Sumatera Utara paling banyak dikunjungi para wisatawan. Pastinya, hal ini membuat para wisatawan menarik karena budaya dan kulinernya yang unggul.

Dimulai dari daerah serta suku yang begitu banyak, yaitu Nias, Batak, Siladang, sampai Melayu. Semuanya pasti menyajikan kuliner yang khas dan menggugah selera. Makanan khas setiap daerah memiliki keunikan dan cita rasa masing-masing. Makanan khas di Sumatera Utara bisa dijumpai dalam bentuk jajanan dan makanan berat.

Daftar Makanan Khas Sumatera Utara yang Perlu Anda Coba

Bagi Anda yang berniat untuk pergi untuk berlibur ke salah satu tempat wisata di Sumatera Utara, jangan lupa untuk mencoba makanannya. Banyak sekali jenis makanan khas berasal dari sumatera utara dengan semua cita rasanya. Berikut daftar makanan khas di Sumatera Utara.

Makanan Khas Sumatera Utara, Bika Ambon
Makanan satu ini, pastinya dapat mengecoh Anda bagi yang belum tahu. Seperti namanya, Bika Ambon tetapi sebenarnya asalnya bukan dari kota Ambon, melainkan murni dari Sumatera Utara. Makanan ini pertama kali dibuat di jalan Ambon yang berada di kota Medan. Makanan ini terbuat dari campuran gula, telur, dan santan. Bika Ambon ini bahkan sudah dikenal luas oleh banyak orang, terutama di Indonesia.

Ciri unik dari makanan khas sumatera utara ini, semua bahan yang dicampur lalu difermentasi selama 7 jam dan dicampur dengan air nira. Hasil rasa dari air nira inilah yang menjadi rasa makanan ini begitu khas di Sumatera Utara. Jika Anda pergi ke kota Medan, Anda pasti akan menemukan penjual Bika Ambon ini dengan harga terjangkau.

Dali Ni Horbo
Makanan selanjutnya dari Sumatera Utara adalah Dali Ni Horbo. Makanan ini dibuat dari olahan susu kerbau dan dimasak sampai padat dan berbentuk keju. Olahan makanan ini sama sekali tidak melalui proses kimia, semua dengan cara tradisional. Cara pengolahannya yaitu dengan memasak air susu kerbau dengan suhu sedang dan sampai mengental. Lalu, campurkan dengan air nanas atau air daun pepaya agar hilang bau amisnya.

Kue Lapet dan Ombus-Ombus
Anda mencari jajanan khas sumatera utara yang enak? Kue Lapet dan Ombus-Ombus jawabannya. Kue ini merupakan jajanan tradisional suku Batak, khas dari daerah Tapanuli. Makanan khas sumatera utara ini biasa dibungkus dengan daun pisang dibentuk menyerupai limas. Cara pengolahannya, hanya menyiapkan tepung beras, kelapa, air dan gula merah. Campurkan semua adonan dan dikukus dengan daun pisang sampai matang.

Naniura
Jika ingin mencari makanan dengan bahan olahan ikan, makanan khas Tapanuli ini sangat enak rasanya. Makanan bernama Naniura ini dibuat dari ikan mas yang diberi rasa asam. Penyajian makanan ini tidak dilalui dengan proses masakan, tidak digoreng, direbus atau semacamnya. Karena, arti Naniura ini dalam bahasa Batak berarti ikan tidak dimasak. Lebih tepatnya, makanan ini seperti Sashimi olahan Jepang.

Manuk Napidanar
Makanan khas sumatera utara yang satu ini seringkali dijumpai di acara pesta adat tertentu. Makanan ini dibuat dari olahan ayam kampung yang digoreng atau panggang dengan sajian bumbu sambal khas, yaitu dinamakan campuran Andaliman. Bumbu ini terdiri dari cabai rawit, kencur, bawang merah dan putih, kemiri, asam, jahe dan andaliman. Semua rempah dihaluskan dan diolesi pada ayam kampung yang sudah dipanggang.

Sayur Gurih Tauco
Jika Anda mencari makanan berkuah, sayur gurih tauco bisa Anda coba. Makanan ini asalnya tepat dari kota Medan. Sayur ini terbuat dari santan yang di dalamnya terdapat udang dan daging sapi yang sudah dibumbui oleh bumbu tauco. Rasa dari bumbu tauco inilah yang akan menghasilkan rasa pedas gurih dalam makanan tersebut. Pasti rasanya sangat mengguncang di lidah Anda.

Itulah beberapa makanan khas sumatera utara yang wajib Anda coba. Jika Anda memanfaatkan waktu liburan ke Medan, Anda jangan pernah melewatkan makanan unik yang sudah disebutkan di atas. Dari artikel yang sudah membahas semuanya, mana kira-kira makanan yang akan Anda coba pertama kali?
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain