Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Wisata Bersejarah Di Jawa Timur Berikut Harga Tiket Masuk

Rekomendasi Wisata Bersejarah di Jawa Timur - Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak sekali tempat wisata. Jika Anda sedang mengunjungi Jawa Timur, maka direkomendasikan untuk mampir sejenak ke wisata bersejarah yang ada disana.

Dengan mengunjungi wisata bersejarah, Anda pasti akan lebih mencintai Indonesia dan akan menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, biaya yang dikenakan untuk masuk ke dalam wisata bersejarah biasanya sangat terjangkau. Untuk rekomendasi wisata bersejarah, Anda bisa memperhatikan list di bawah ini

Wisata bersejarah di Jawa Timur yang Direkomendasikan

Anda bisa mengunjungi wisata bersejarah di Jawa Timur berikut ini dengan memperhatikan budget dan waktu yang telah ditentukan oleh pihak wisata. Persiapkan kebutuhan wisata Anda sebelum mengunjungi wisata yang dituju agar perjalanan Anda menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal dari setiap wisata sejarah di bawah ini

Candi Penataran
Jika Anda pernah membaca buku-buku sejarah pasti pernah mengetahui Candi Penataran. Sebenarnya dimana lokasi Candi penataran? Candi ini berlokasi di desa Penataran kabupaten Blitar Jawa Timur. Perlu diketahui bahwa Candi penataran adalah salah satu candi yang dipercaya sebagai Candi terluas di Jawa Timur dan sudah ada sejak Kerajaan Kediri pada tahun sekitar 1200 Masehi. 

Jika Anda ingin mengunjungi wisata bersejarah Candi Penataran ini, anda bisa mengunjunginya setiap waktu dengan batasan pukul 8 hingga 5 sore WIB. Untuk tiket masuk ke wisata ini anda akan dikenai biaya sekitar Rp3.000. Untuk lokasi selengkapnya Anda bisa langsung mencari di Google Maps dan mengetik nama Candi penataran.

Museum Sepuluh November Surabaya
Jika berbicara mengenai wisata bersejarah di Jawa Timur maka hal ini tidak akan pernah terlepas dari museum Sepuluh November Surabaya. Apakah anda sudah pernah mengunjungi museum ini? Lokasi museum ini berada tepat pada Kompleks tugu pahlawan yang berlokasi di Jalan Pahlawan pusat kota Surabaya. Dapat dikatakan juga bahwa lokasi dari museum ini tepat berada di dekat kantor Gubernur Jawa Timur. 

Di wisata ini banyak sekali peninggalan bersejarah para pahlawan terutama pada daerah Surabaya yang harus anda ketahui. Untuk tiket ke museum ini anda hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 saja. Biasanya untuk mahasiswa atau murid di sekitar Surabaya untuk masuk kedalam wisata ini tidak perlu membayar biaya tiket namun hanya dengan menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa.

Candi Brahu
Salah satu candi di Jawa Timur yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah candi brahu. Wisata bersejarah di Jawa Timur ini terletak di Mojokerto. Seperti yang diketahui bahwa Mojokerto memang memiliki sejuta wisata bersejarah seperti candi-candi yang sangat memukau. Jika Anda ingin mengunjungi wisata Candi Brahu maka perlu menyiapkan uang sebesar Rp3.000 saja untuk tiket masuk.

Untuk jam operasional pengunjung bisa mengunjungi Candi brahu setiap hari pada pukul 8 hingga 4 sore WIB. jika anda berkunjung kesini ini maka pasti akan disajikan dengan hamparan taman dengan rumput yang hijau dan luas. Dengan mengunjunginya, Ada akan merasakan fresh dan juga senang akan peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia yang sangat begitu kental.

Candi Jolotundo
Candi Jolotundo merupakan salah satu wisata bersejarah di Jawa Timur Indonesia. Menurut cerita sejarah mengatakan bahwa bangunan ini merupakan peninggalan raja Udayana yang diperuntukkan untuk Raja Airlangga. Jika berbicara pada dunia geografis Candi Jolotundo berada pada ketinggian 800 M PDL. Candi ini masih ramai dipadati wisatawan karena adanya mata air yang dipercaya untuk menyembuhkan penyakit yang beraneka ragam. 

Tidak jarang ditemukan wisatawan yang datang dari luar Jawa Timur berbondong-bondong untuk membawa wadah air agar dibawa pulang untuk kesembuhan penyakit. Jika anda ingin mengunjungi wisata Candi Jolotundo maka akan dikenakan biaya sekitar Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun.

Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam atau biasa yang dikenal sebagai Monkasel merupakan salah satu wisata bersejarah di Jawa Timur yang sangat terkenal. Adapun lokasi dari Monumen Kapal Selam ini berada di pusat kota Surabaya tepatnya pada Jalan Pemuda Nomor 39 Surabaya Jawa Timur. Anda sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini karena Monumen Kapal Selam merupakan Monumen terbesar di kawasan Asia. 

Di dalam Monumen Kapal Selam ini akan terbagi menjadi 7 ruangan. Dalam setiap ruangan akan menyajikan keindahan sejarah mengenai kapal selam itu sendiri yang begitu unik. Untuk berwisata ke Monumen Kapal Selam Surabaya Anda bisa pergi kesana pada hari Selasa hingga Jumat pada pukul 9-5 sore WIB. Jika anda ingin mengunjungi wisata ini pada hari weekend atau Sabtu dan Minggu maka bisa langsung memasuki area wisata pada pukul 9 hingga 7 malam WIB.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Surabaya
Wisata bersejarah Jawa Timur yang selanjutnya adalah Monumen Jendral Sudirman yang terletak di Surabaya. Monumen ini berlokasi tepat di tengah Sebuah taman memanjang yang membelah Jalan Yos Sudarso dengan Balai Kota Surabaya gedung negara Grahadi dan Monumen bambu runcing. 

Monumen ini juga dianggap sangat dekat dengan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Untuk melihat patung ini anda bisa langsung melihatnya di tepi jalan dan tidak membutuhkan biaya untuk masuk ke dalamnya. Selain itu, tidak ada batasan waktu untuk melihat dan mengunjungi patung Jenderal Sudirman di Surabaya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai wisata bersejarah di Jawa Timur. Dari beberapa rekomendasi di atas, dapat disimpulkan bahwa beberapa wisata bersejarah memang tidak membutuhkan banyak budget untuk masuk ke dalamnya. Ada banyak sekali keuntungan jika anda mengunjungi tempat-tempat wisata di Jawa Timur. Anda akan lebih mengenal tentang sejarah dan budaya di Jawa Timur terutama bagian perjuangan pahlawan di Indonesia. 

Untuk lokasi, hari, dan waktu untuk mengunjungi wisata bersejarah yang telah disebutkan di atas dapat dikatakan fleksibel. Artinya, sebagai wisatawan anda tidak perlu memperhatikan tiga jadwal Al untuk mengunjungi Wisata titik ini dikarenakan banyak sekali wisata bersejarah di Indonesia yang hampir setiap hari buka dan menerima wisatawan dari berbagai mancanegara.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain