Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Timur Wajib Dikunjungi

9 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Timur - Apakah kalian merupakan seorang yang suka berpetualang ataupun senang liburan kesana kemari. Pasti yang ada di benak Anda terpikirkan jika bukan Bali dan Jogja. Nah itu merupakan 2 destinasi wisata yang saat kini sedang populer. Namun walaupun demikian sangat direkomendasikan untuk eksplor berbagai tempat wisata di Jawa timur.
rekomendasi tempat wisata di indonesia jawa timur

Faktanya disana terdapat berbagai hidden gems yang pastinya akan sangat seru apabila kita kunjungi ketika liburan. Di Jawa timur tentunya banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi baik itu  Malang, Surabaya maupun Banyuwangi. Apabila Anda tertarik? Berikut ini adalah beberapa daftar yang mungkin salah satunya bisa dimasukkan ke dalam wishlist nanti ketika melakukan liburan.


1 . Kawah Ijen

Sejak dulu, tempat wisata Jawa timur ini memang sudah populer bahkan sampai sekarang. Akan tetapi tempat tersebut kini tengah naik kembali kepopulerannya dalam beberapa tahun terkahir. Jika kalian berminat, kalian dapat mengunjungi perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi serta Kabupaten Bondowoso. Selain itu kawah ini akan semakin ramai dikunjungi. Pasalnya untuk akses jalan sudah semakin baik.
rute menuji tempat wisata indonesia kawah ijen

Disisi lain, hal menarik dari kawah ijen ini adalah kawah birunya serta disana juga terdapat aktifitas penambangan belerang yang memang sangat ikonik dan menjadi ciri khas. Selain itu juga terdapat daya tarik mengenai fenomena api biru yang memang tidak banyak bisa kita lihat di tempat lain dan hanya di Kawah Ijen.

2 . Gunung Bromo

Jika pergi ke Jawa timur untuk berlibur, maka tidak akan lengkap apabila tidak tahu dan tidak mengunjungi Gunung Bromo. Nah gunung tersebut adalah tempat wisata yang sangat populer di Jawa timur. Selain itu juga bagi pecinta alam atau pendaki gunung ini wajib didaki. Selain mendapatkan pemandangan yang sangat indah juga akan dimudahkan untuk aksesnya,
tiket atau paket wisata gunung bromo jawa timur

Walaupun demikian tidak seperti naik gunung pada umumnya, selain bisa mendaki dengan cara trekking berjam – jam Anda juga bisa menggunakan atau naik mobil jeep kesana kemudian baru melakukan pendakian sedikit untuk pergi ke puncak. Disisi lain, masyarakatpun menyewakan kuda yang nanti bisa kita gunakan ke puncak akan tetapi tidak kuat untuk trekking ke atas.

3 . Taman Nasional Baluran

Beberapa tahun terakhir Banyuwangi memang terkenal karena berbagai hal, salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Tempat wisata Jawa timur ini tentu sangat wajib kalian kunjungi apabila pergi ke Banyuwangi untuk berlibur. Walaupun lokasinya terdapat di Kabupaten Situbondo. Baluran juga lebih dikenal karena wisatanya yang memang terletak 1,5 jam perjalanan darat dengan mobil dari kota.
tempat wisata keluarga dan edukasi taman nasional baluran

4 . Air Terjun Tumpak Sewu

Jika Anda mengalami sumpek di kota maka pergi keluar kota seperti Jawa timur tentunya bisa menjadi solusi terbaik apalagi pergi ke tempat wisata yang satu ini. Air terjun tumpak sewu adalah air terjun terbaik yang dapat kamu lihat di Jawa timur. Dibanding yang lain tentu ada perbedaan dibandingkan yang lain.
tempat wisata di jawa timur air terjun tumpak sewu dan keindahannya

Pasalnya air terjun tumpak sewu ini memang unik karena lebar air terjunnya seperti tirai. Hal tersebut karena aliran air sungai glidik yang memang melebar. Sehingga dengan demikian tidak heran jika banyak orang yang mengklaim air terjun di sini sama seperti di Niagara Amerika Utara.

5 . Air Terjun Madakaripura

Masih mengenai air terjun. Untuk yang satu ini adalah air terjun madakaripura yang merupakan salah satu tempat wisata Jawa timur yang populer. Berbeda dengan ari terjun di poin sebelumnya airnya dari Gunung Sumeru, namun air dari Madaaripura sendiri dari Gunung Bromo pasalnya lokasi dua tempat tersebut hanya kurang lebih 1 jam saja di utara Bromo.
tempat wisata air terjun Madakaripura yang instagramebel

Perlu diketahui bahwa banyak sekali legenda di air tejun tersebut, seperti tempat Gajah Mada, Majapahit dan ain sebagainya. Selain itu juga rumornya merupakan tempat Gajah mada menikmati masa – masa terkhir dalam hidupnya. Disana kamu dapat melihat patung Gaah mada pada area pintu masuk yang terdapat di Probolinggo ini.


6 . Bukit Jaddih

Madura pun faktanya memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Salah satunya Bukit Jaddih. Merupakan tambang kapur yang sangat terkenal karena mempunyai pemandangan yang oleh anak milenial adalah Instagrammable. Anda dapat mengunjungi lokasi tersebut sekitar 27 km dari Surabaya.

7 . Bukit Arosbaya

Masih di Madura, terdapat Bukit yang dulunya adalah tambang kapur namun sekarang tambang tersebut memang sudah tidak aktif lagi. Jika dilihat bukit yang satu ini memang mirip Bukit Jaddih. Walaupun demikian tempat tersebut juga memiliki keunikannya sendiri dan tentu sangat bagus untuk kalian yang suka posting di Instagram.

8 . House of Sampoerna

Jika ingin tahu museum tembakau di Indonesia, maka House of Sampoerna bisa menjadi solusi terbaik yang harus kamu kunjungi ketika melakukan liburan. Selain itu museum ini dapat dikunjungi secara gratis. Cara untuk masuknya tinggal menuliskan nama di buku tamu. Setelah itu Anda bisa masuk dan menghabiskan waktu di museum ini hingga puas. Disisi lain juga dapat belajar mengenai sejarah kretek selain itu juga terdapat berbagai macam foto yang cantik.

Perlu diketahui bahwa bangunan ini tetap mempertahankan bangunan aslinya yang memang gaya Belanda. Selain itu tempat wisata yang satu ini juga masih menjadi tempata yang memang sering kali ada di travel – travel.

9 . Gili Ketapang

Perlu kamu ketahui bahwa tempat wisata Jawa timur pun memiliki pulau kecil atau Gili yang dimana memiliki are snorkeling yang memang indah. Tempat tersebut bisa Anda tempuh sekitar kurang lebih 4 jam dari Surabaya serta menyebrang dari pelabuhan Probolinggo.
Perjalanan dari Surabaya serta menyebrang dari pelabuhan Probolingg menuju gili ketapang.

Walaupun pulau tersebut kecil. Nanti Anda dapat menemukan pantai yang sangat indah. Disisi lain juga bisa melakukan snorkeling dan pasti di lautnya terdapat berbagai macam ijan kecil termasuk ikan yang ada di film Finding Nemo. Maka dari itu cobalah kunjungi tempat tersebut ketika liburan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai tempat wisata Jawa timur yang populer. Semoga dengan adanya hal ini menjadi referensi untuk yang bingung berlibur. Selain itu juga mungkin salah satu tempat diatas tadi bisa dimasukkan ke wishlist Anda.
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain