Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Destinasi Tempat Wisata Goa Terbaik Di Jawa Timur

8 Destinasi Goa Sebagai Tempat Wisata di Jawa Timur yang Bisa di Exlpore - Jawa timur merupakan salah satu Pulau Jawa yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tidak hanya keindahan pantai yang dimilikinya, tapi juga gunung, air terjun, sampai dengan goa. 

Di Jawa Timur terdapat goa yang indah, bahkan salah satu kota yang ada di Jawat Timur yaitu Pacitan, mempunyai julukan dengan kota seribu goa karena mempunyai goa-goa yang indah.

Selain Pacitan, di kota-kota lain di Jawa Timur ada banyak goa yang memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya yang bisa Anda coba untuk explore. Ini dia beberapa goa indah wisata di Jawa Timur yang harus Anda coba untuk kunjungi:

Goa Gong

Goa Gong terletak di kota Pacitan dengan mempunyai keindahan yang luar biasa. Dengan keindahannya yang luar biasa menarik ini tidak salah jika disebut sebagai goa terindah di Indonesia. 

Panjang goa gong kurang lebih 300 meter dimana untuk menambah kecantikan dari stalaktit dan stalakmitnya banyak dipasang lampu yang dijadikan sebagai penerangan di dalam goa.

Salah satu ikon wisata Pacitan ini telah mendunia dengan pesonanya yang terkenal tidak hanya di Indonesia saja namun juga sampai ke Asia Tenggara karena terlihat sangat menarik dan juga indah. Dengan pencahayaan yang tepat, Anda dapat melihat gugusan mineral-mineral yang terbentuk alami.

Selain itu dengan menyusuri goa, Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan mendapati gong cave, shawl drapery, rekahan endapan dari kalsium dan juga Anda dapat melihat danau kecil yang terbentuk dari tetesan air. Dengan keindahan yang dimilikinya, banyak orang yang ingin mengunjungi goa ini. 

Di dalam goa juga dibangun trotoar khusus dengan dibangun banyak anak tangga yang akan memudahkan para pengunjung untuk dapat melihat goa di setiap sudutnya. Namun Anda harus tetap berhati-hati saat melangkah, karena kondisi goa yang licin dan bebatuan yang tajam.

Goa Tabuhan

Goa wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah goa Tabuhan yang terletak di kota seribu goa yaitu Pacitan. Dinamakan dengan goa tabuhan karena banyaknya para pengunjung yang memukuli stalaktit goa yang akan menimbulkan suara yang mirip dengan gamelan.

Goa Tabuhan sudah mulai dikunjungi oleh para wisatawan sejak tahun 1998, dengan keunikan tersendiri tidak akan Anda temukan di goa yang lainnya karena goa ini memiliki stalaktit yang menyerupai dengan gigi taring yang tergantung di mulut goa.

Goa Putri

Goa Putri juga terletak di Pacitan, meskipun tidak seramai dengan goa lainnya, namun Anda harus mencoba mengunjungi goa ini.

 Di dalam goa Anda dapat melihat keindahan dari stalaktit dan stalakmit yang indahnya walau tanpa menggunakan headlamp karena di dalam goa ini sudah disediakan lampu-warna warni yang dijadikan sebagai penerangan dan juga menambah keindahan goa. Anda juga akan menemukan banyak bentuk dari stalaktit dan stalakmit yang cukup unik.

Goa Maharani

Selanjutnya goa wisata di Jawa Timur yaitu goa Maharani yang dilihat dari letak geografisnya goa ini terletak di Kecamatan Pacitan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dengan kedalaman sekitar 25 meter dari permukaan tanah dan dengan luar sekitar 2500 m2.

Goa Maharani ini ditemukan dengan tidak sengaja oleh salah satu penduduk setempat pada 6 Agustus 1992 dan resmi dijadikan sebagai tempat wisata pada 10 maret 1994. Di sekitar goa Anda juga bisa menemukan banyak para pedagang souvenir yang bisa Anda gunakan sebagai buah tangan.

Goa Akbar

Goa Akbar terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Seperti pada goa yang lainnya, Anda akan menemukan stalagmite dan stalaktit dengan bentuk yang unik dengan terus meneteskan air di setiap saatnya.

Goa ini dulunya pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar, namun pemerintah setempat mulai menjadikan goa ini sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi setelah menyadari akan keindahan yang dimilikinya.

Goa Luweng Jaran

Goa wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah goa Luweng Jaran yang merupakan goa terpanjang di Indonesia dengan panjangnya mencapai 25 kilometer. Dalam world caves database goa ini ditempakatkan ke dalam goa terpanjang di gunia.

Untuk bisa menyusuri goa ini diperlukan peratalatan SRT yang lengkap karena pada pintu masuk goa berbentuk lubang vertikal. Namun setelah menuruni lubang yang kurang lebih 37 meter barulah perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri goa dengan horizontal yang panjang.

Goa Lo, Bangi Malang – Jawa Timur

Malang lebih dikenal sebagai destinasi wisata pegunungan dengan destinasi gunung Bromo dan Semeru sebagai tujuan yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Namun disamping itu, ternyata Malang mempunyai destinasi wisata untuk petualangan yang bisa Anda coba yaitu susur goa Lo-Bangi yang berada di Kecamatan Donomulyo Malang Selatan.

Sistem gua bawah tanah ini cukup panjang yang mencapai 10 km, namun bagi para pemula dapat melakukan penelusuran sepanjang 5 km dengan titik awal di goa dan berakhir di Gua Bangi.

Pintu masuk di goa Lo ini berbentuk vertical yang kedalamannya mencapai 6 meter. Dengan melakukan susur goa ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan ornament gua yang sangat indah.

Goa Luweng Ombo

Tidak jauh berbeda dengan goa Luweng Jaran, pintu masuk goa wisata di Jawa Timur Luweng Ombo ini berupa lubang vertical yang bisa dituruni dengan memakai peralatan SRT, namun bedanya mulut goa ini jauh lebih besar dengan mempunyai diameter mencapai 50 meter.

Goa ini juga merupakan goa vertical terdalam yang terletak di Pulau Jawa. Anda harus turun sejauh 120 meter dari mulut gua hingga dasar. Di dalam goa ini terdapat lorong-lorong gua dengan panjang 25 km bahkan lebih. Namun karena tingkat kesulitan dari goa ini, sehingga destinasi ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Namun bagi para pecinta olahraga ekstrim, goa Luweng Ombo ini akan memberikan petualangan yang tidak bisa dilupakan, dengan apa yang akan di dapatkan setelah melalui berbagai rintangan.

Masuk ke perut bumi dengan vertical akan mendapatkan pemandangan yang tidak ada duanya, ditambah dengan teknik yang tidak biasa saat memasukinya akan membuat sensasi yang berbeda.

Itu dia beberapa goa sebagai tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda coba untuk kunjungi di waktu liburan, semoga menyenangkan.  
Cindri Yanto
Cindri Yanto Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain