Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Makanan Khas Asal Daerah Lampung Yang Wajib Kamu Coba

Cindri yanto - Makanan Khas Asal Daerah Lampung! Lampung tidak hanya dikenal dengan wisata budaya dan wisata alamnya saja namun lampung juga dikenal dengan wisata religi dan wisata kuliner. lampung sudah sejak lama dikenal dengan wisata kulinernya yang bikin nagih di lidah setiap orang diantaranya adalah Seruit.

Tanpa banyak yang tahu selain seruit lampung juga memiliki makanan khas lainnya. bagi penikmat wisata kulinel lampung menjadi salah satu tempat yang wajib untuk di kunjungi, jika kita berkunjung langsung ke lampung maka kita bisa menikmati berbagai macam makanan tradisional khas daerah lampung.

Kuliner khas daerah lampung apa saja yang wajib untuk di coba ketika berkunjung ke lampung, berikut ini beberapa makanan khas lampung yang wajib di cicipi saat berkunjung ke lampung.

1. Seruit Lampung
buat anda yang pecinta pedas dan sering berburu makanan pedas pedas, wajib buat anda bila berkunjung ke lampung untuk mencicipi makanan khas lampung yang satu ini Seruit.

seriut merupakan makanan khas Lampung yang sering dihidangkan pada saat acara berkumpul baik bersama keluarga besar atau pada acara-acara pernikahan, adat, hingga keagamaan.

Bagi masyarakat lampung, seruit dikonsumsi sehari-hari, Seruit sendiri merupakan makana yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi khas Lampung, tempoyak, dll.

Untuk Jenis ikan sendiri yang sering di gunakan masyarakat lampung untuk membuat seruit biasanya ikan-ikan dari sungai, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasnya di tambah dengan lalapan agar lebih nikmat.

2. Gulai Taboh
Gulai taboh atau sering juga di sebut oleh masyarakat lampung sayur santan. Gulai taboh ini sendiri memiliki citarasa yang unik dan khas, dengan campuran bumbu-bumbunya yang hanya bisa di temukan di lampung.

Gulai taboh biasanya terbuat dari kacang kacang dan umbi-umbian seperti kacang panjang, kacang merah, kacang tanah, labu ubi jalar dan kentang. biasanya gulai taboh ini juga ditambah dengan bahan lainnya seperti ikan ataupun udang  yang dapat menambah cita rasa dan kelezatan gulai taboh.

3. Gabing
Gabing merupakan makanan khas Lampung yang bahannya terbuat dari batang kelapa muda, Untuk membuat makanan ini batang kelapa muda di iris tipis-tipis seperti ukuran dadu lalu direbus dan di campur dengan bumbu khas lampung.

gabing biasanya oleh masyarakat lampung dimasak sop atau kuah santen ada juga yang memasaknya secara kering atau tanpa kuah dan dicampur dengan daging. Gabing juga enak untuk di buat lalapan.

4. Gaguduh
gaguduh merupakan salah satu makanan khas daerah lampung yang sudah di kenal kelezatannya, bahan yang di butuhkan untuk membuat gaguduh ini adalah pisang dan tepung terigu, gaguduh tidak sama dengan pisang goreng,

Cara untuk membuat gaguduh menggunakan pisang kepok mateng yang di haluskan lalu campukan tepung terigu dan penyedap rasa, seperti duren, nanas yang di haluskan dll.

Setelah bahan tercampur dengan halus anda bisa menggoreng langsung adonan tersebut dengan minyak goreng yang sudah di panaskan. Jika kita membuat sendiri belum tentu rasanya seenak yang di buat oleh masyarakat lampung.

5. Tempoyak Lampung
Buat anda pecinta buah durian, saat berkunjung ke lampung maka anda harus mencoba makanan khas lampung satu ini yang terbuat dari buah durian,

masyarakat lampung sendiri menyebutnya tempoyak. Tempoyak merupakan masakan yang memiliki bahan dasar dari buah durian yang telah difermentasi selama 2-5 hari.

Meski Tempoyak sudah dikenal di berbagai wilayah di Indonesia dan Malaysia, namun soal rasa tempoyak lampung lah yang sering di buru oleh para pecinta kuliner.

6. Keripik Pisang
Makanan khas lampung yang satu ini mungkin sudah terkenal di seluruh indonesia, yaitu keripik pisang khas lampung, keripik pisang saat ini dipadukan dengan berbagai parian rasa, seperti coklat, keju, strawberry, mocca, susu, melon, balado, dll.

Buat anda yang sedang berkunjung ke Lampung, anda wajib menjadikan keripik pisang lampung sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah, semoga 6 Makanan Khas Asal Daerah Lampung ini bisa kamu cicipin semua nya ya gues